:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengakuan dan prosedur audit atas pendapatan pada PT IAP yang bergerak di bidang jasa konstruksi = Recognition and audit procedures of revenue in PT IAP which engaged in construction services

Ilham Ananda Putra; Rallyati, supervisor; Cut Saskia Rachman, examiner; Mohamad Slamet Wibowo, examiner (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Laporan magang ini membahas masalah yang biasanya muncul pada Perusahaan Jasa Konstruksi, yaitu bagaimana dan kapan mengakui pendapatan yang diperoleh dari kontrak konstruksi yang berjangka waktu melebihi satu periode akuntansi. Selain itu, laporan magang ini juga membahas prosedur audit yang dilakukan atas pengakuan pendapatan dari kontrak tersebut, apakah sudah sesuai dengan Standar Audit SA dan standar akuntansi yang berlaku, yaitu PSAK 34 revisi 2017 . Untuk memudahkan pembaca laporan magang ini, penulis juga akan membahas tahap-tahap yang dilakukan oleh Perusahaan Jasa Konstruksi dalam mendapatkan kontrak konstruksi sampai menyelesaikan kontrak tersebut. Hasil analisis penulis menunjukkan bahwa pendapatan diakui dengan menggunakan metode persentase penyelesaian dengan survei pekerjaan sebagai metode untuk menilai progress penyelesaian pekerjaannya. Lalu dari hasil audit, menunjukkan adanya selisih atas pendapatan proyek yang diakui pada akhir periode, yang dikarenakan masalah pembulatan. Secara keseluruhan, pengakuan pendapatan pada PT IAP dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material dan sesuai dengan PSAK 34 revisi 2017.

This report examines the problems that typically arise in Construction Services Company, which are how and when to recognize revenue derived from construction contracts that over one accounting period. In addition, this report also discusses the audit procedures performed on the revenue recognition from the contract, whether they comply with the "Standar Audit (SA)" and related accounting standard, which is PSAK 34 (revised 2017). To facilitate the reader, author also discusses the stages undertaken by the Construction Services Company in obtaining the construction contract until completing the contract. The results of the author's analysis show that the revenue is recognized by using the percentage of completion method with the job survey as a method to assess the progress of work completion. Then from the audit result, shows that there is difference on the recognized project revenues at the end of the period, which is due to rounding issues. In conclusion, the recognition of revenues in PT IAP is fairly presented in all material respects and in accordance with PSAK 34 (revised 2017).

 File Digital: 1

Shelf
 TA Pdf-Ilham Ananda Putra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdadontent)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 74 pages : Illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-18-911175674 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20479289