:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Prediksi beban menggunakan model Time Series Decomposition untuk mengoptimalkan pendistribusian pembangkit, studi kasus: Gardu induk (Gi) Muara Bango, Jakarta / Brigitta Dian Puteri, Vera Fatmawati, Lukita Jatinugraha

Brigitta Dian Puteri; Vera Fatmawati; Lukita Jatinugraha (Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan PT. PLN, 2017)

 Abstrak

ABSTRACT
Perencanaan jumlah beban masa depan dan distribusinya diperlukan untuk mengoptimalkan Penempatan pembangkit listrik. Perhitungannya bisa dimodelkan menggunakan beban masa lalu. Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk membangun model kebutuhan beban selama bertahun-tahun dengan menggunakan metode dekomposisi seri waktu dengan studi kasus di GI Muara Bungo. Dengan mengetahui ramalan beban di seluruh wilayah di Indonesia, perencanaan yang baik berkaitan dengan distribusi lokasi pembangkit listrik dapat diperoleh. Perencanaan ini akan memberi pengaruh besar dalam menentukan apakah proyek akan berhasil atau tidak. Perhitungan menunjukkan bahwa di Muara Bungo, pennintaan listrik tumbuh sekitar 50% dalam 4 tahun ke depan. Hasil ini dapat diintegrasikan dengan peramalan beban di seluruh Indonesia untuk mendapatkan data sebagai pertimbangan mendasar dalam menentukan dimana dan berapa jumlah pembangkit listrik yang harus dibangun.

 Metadata

No. Panggil : 621 JEK 1:1 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan PT. PLN, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 25982494
Majalah/Jurnal : Jurnal Energi dan Ketenagalistrikan
Volume : Vol. 1, No. 1, Oktober 2017: Hal. 17-24
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
621 JEK 1:1 (2017) 03-18-155558105 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20479675