:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kebutuhan informasi nelayan di Muara Kaliadem, Jakarta Utara = Fishermen's information needs at Muara Kaliadem, North Jakarta

Hana Mutiarani; Yeni Budi Rachman, supervisor; Taufik Asmiyanto, examiner; Margareta Aulia Rachman, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk memahami kebutuhan informasi nelayan yang ada di wilayah Muara Kaliadem, Jakarta Utara. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara terstruktur dan dokumen pendukung yang digunakan untuk memperkuat hasil analisis dalam pembahasan. Model penelitian yang digunakan adalah model faktor pemenuhan kebutuhan informasi yang dikemukakan oleh Johnson. Hasil penelitian ini menggambarkan kebutuhan informasi nelayan serta mengidentifikasi faktor yang mendorong tindakan pencarian informasi dalam upaya memenuhi kebutuhan informasinya. Faktor latar belakang serta faktor personal individu menjadi pemicu tindakan pencarian informasi. Adapun hambatan dalam tindakan pencarian informasi yang ditemukan merupakan hambatan yang berasal dari individu itu sendiri terkait dengan keterbatasan yang dimilikinya, serta akses informasi yang sulit untuk dijangkau. Beberapa hal yang disarankan terkait hambatan yang ditemukan antara lain adalah penyediaan akses sumber informasi di beberapa titik tertentu dan penyuluhan informasi yang dilakukan secara rutin.

ABSTRACT
This research is determined to understand fishermens information needs at Muara Kaliadem, North Jakarta. Research approach that is used in this research is qualitative descriptive method. The data is collected by using structured interview and supported documents to strengthen the analysis in the discussion. Research model that is used in this research is Johnsons information needs fulfillment factors. The result of this research shows fishermens information needs and identifies factors that trigger them to do information seeking to fulfill their information needs. Factors such as their personal background and as an individual become their triggers in information seeking. Barriers found when they do information seeking are coming from themselves as an individual regarding their own limitations, also access to information that is hard to reach. There are some suggestions regarding overcoming these barriers such as providing access to information resources at certain points and socializing about information resources routinely.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Hana Mutiarani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 56 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-707047353 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20480036