:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis dan evaluasi environmental management system pada perusahaan baja (studi kasus pada PT X) = Analysis and evaluation of environmental management system at steel company (case study at PT X) / Nadifa Dewinta Danastri

Nadifa Dewinta Danastri; Elvia Rosantina, supervisor; Yan Rahadian, examiner; Dwi Hartanti, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi apakah peningkatan kesadaran mengenai masalah lingkungan telah mendorong organisasi untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan dan menggunakan akuntansi manajemen lingkungan (EMA) mendorong inovasi lingkungan, dan meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan. Namun demikian, ada sedikit bukti untuk mengkonsolidasi klaim ini dan dengan demikian makalah ini bertujuan untuk menyelidiki masalah ini. PT X adalah salah satu perusahaan baja terbesar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi kasus dan pendekatan kualitatif dan menggunakan sistem manajemen lingkungan dalam menganalisis masalah penelitian. Penelitian ini juga menguji pentingnya menggunakan akuntansi manajemen lingkungan dalam penerapan sistem manajemen lingkungan dalam perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun sistem manajemen lingkungan telah dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari dampak pencemaran lingkungan (yaitu, dalam bentuk debu besi), namun, perusahaan belum menerapkan Akuntansi Manajemen Lingkungan dan Pelaporan Manajemen Lingkungan (yaitu, dalam bentuk Analisis Biaya & Manfaat) dalam mengatasi masalah. Perusahaan melakukan sistem manajemen lingkungan dengan hukum dan peraturan yang berlaku bukan sebagai bentuk strategi lingkungan dan inovasi untuk keberlangsungan bisnis di masa depan.


This study aims to analyze and evaluate whether increased awareness regarding environmental issues has encouraged organisations to apply environmental management system and use environmental management accounting (EMA) drives environmental innovations, and enhance company’s environmental performance. There is, however, little evidence to consubstantiate this claim and thus this paper aims to investigate the issue. PT X is one of the largest steel company in Indonesia. This research applies case study and qualitative approaches and uses environmental management system in analyzing the research problems. This research also examines the importance of using environmental management accounting in the implementation of environmental management system within the company. This research shows that though environmental management system has been performed by the company to elude the impact of environmental pollution (i.e., in the form of iron dust), however, the company has not implemented Environmental Management Accounting and Environmental Management Reporting (i.e., in the form of Cost & Benefit Analysis) in addressing the problems. The Company undertakes environmental management system by the prevailing laws and regulations not as a form of environmental strategy and innovation for the sustainability of the business in the future.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Pdf Nadifa Dewinta Danastri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-300294160 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20480142