ABSTRAK Media podcast tengah berkembang menjadi media berbasis suara yang semakin populer. Semakin bertambahnyajumlah podcaster dan jumlah pendengar podcast di Indonesia, juga semakin menumbuhkan banyaknya kontendan segmen yang diproduksi. Hal tersebut menjadi salah satu indikator bahwa media ini dapat menjadi mediaperiklanan yang potensial. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana podcast berkembang dengankemungkinannya di masa yang akan datang. Melalui studi pustaka dan wawancara terhadap lima narasumber,ditemukan bahwa setiap orang memiliki pengalaman unik yang diperoleh saat seseorang mengonsumsi podcast .Pendengar dapat terpengaruh oleh konten podcast hingga taraf tertentu, sesuai dengan motif dari dirinya ketikaingin menggunakan media podcast ABSTRACT Podcast as a media had underwent massive development. This audio based media had garnered the increase ofpodcaster and listener in Indonesia through the recent years, crafting more variation on the content. Theargument supports the potential of what podcast has to offer as an advertising media. This article defines on howpodcast develops and what potential does it have through the upcoming years. By literature review andinterviews, this article has the findings that everyone has their own unique experiences when they are listeningto a podcast. Listeners could get affected by a content to some extent, in accordance to the motives by tuning into a podcast media itself. |