ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai apakah iklan yang digunakan untuk membangunkembali reputasi perusahaan setelah mengalami krisis apakah sudah memenuhi prinsip danunsur storytelling dengan baik. Konsep yang dipakai adalah rasionalitas naratif dari WalterFisher dan unsur storytelling dari Ffion Lindsay. Rasionalitas naratif terdiri dari dua prinsiyaitu koherensi (coherence) dan keterapan (fidelity). Sedangkan unsur storytelling terdiri daritujuh poin yakni emosi (emotion), alur (plot), struktur (structure), suara (voice), hero, villain,dan konflik (conflict). Metode penelitian yang digunakan yaitu riset evaluasi. Iklan yangdievaluasi yakni iklan Blue Bird Berbenah untuk Berubah milik PT. Blue Bird Tbk. Hasilpenelitian memperlihatkan secara keseluruhan iklan Blue Bird Berbenah untuk Berubahtelah memenuhi prinsip dan unsur storytelling dengan baik. ABSTRACT The purpose of this study is to assess whether the advertisement used to rebuild the company sreputation after experiencing a crisis has met the principles and elements of storytelling well.The concept used is narrative rationality from Walter Fisher and storytelling elements fromFfion Lindsay. Narrative rationality consists of two principles, namely coherence and fidelity.While the storytelling element consists of seven points namely emotion, plot, structure, sound,hero, villain, and conflict. The research method used is evaluation research. The evaluated adis the advertisement called Blue Bird Berbenah untuk Berubah owned by PT. Blue Bird Tbk.The results showed that overall the advertisement Blue Bird Berbenah untuk Berubah hadmet the principles and elements of storytelling well. |