:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan text suggestion dan text correction pada mesin pencarian berbasis levenshtein distance untuk bahasa Indonesia = Designing text suggestion and text correction on levenshtein distance based search engine for bahasa Indonesia

Arvin Christian; Prima Dewi Purnamasari, supervisor; Anak Agung Putri Ratna, examiner; Mia Rizkinia, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu hal yang dibutuhkan user dalam memudahkan melakukan adalah dengan menggunakan mesin pencarian atau yang disebut search engine. Search engine didesain agar dapat membantu pengguna dalam melakukan pencarian data. Fitur yang dapat digunakan dalam membantu pencarian data adalah Text Suggestion dan Text Correction. Text Suggestion dapat membantu pengguna dalam memperkirakan keyword apa yang akan ditulis untuk menemukan data yang paling sesuai. Text Correction adalah fitur untuk memperbaiki kesalahan penulisan, sehingga diharapkan dapat memperbaiki hasil pencarian. Levenshtein Distance, dapat digunakan untuk fitur Text Suggestion dan Correction dengan menghitung maksimum LD dengan variasi range dari satu sampai lima. Tujuan penelitian ini adalah menguji keakuratan Levenshtein Distance dalam membuat sistem Text Suggestion dan Text Correction. Metode yang digunakan adalah dengan menghitung tingkat kemiripan keyword dengan daftar referensi yang ada pada basis data, dan mengambil kata tersebut untuk dijadikan sebagai text suggestion maupun text correction. Dari hasil penelitian ini, akan didapatkan bahwa sebuah batasan maksimum Levenshtein Cost dapat mempengaruhi keakuratan hasil text correction dan text suggestion. Maksimum LD juga berpengaruh pada performa waktu baik pada Text suggestion dan Text Correction, dengan eksekusi waktu Text Correction lebih cepat dibanding Text Suggestion.Nilai maksimum LD yang optimal adalah dua atau tiga.

ABSTRACT
One of the things required by the user in facilitating the search for data contained on the internet is to use a search engine or so-called search engines. Search engines must also be designed in order to assist users in searching data. Features that can be used in assisting data retrieval are Text Suggestion and Text Correction. Text Suggestion can help users in predicting what keywords will be written to find the most appropriate data. Text Correction is a feature to correct writing errors, so it is expected to improve search results. By utilizing Levenshtein Distance, it can be used for Text Suggestion feature by calculating maximum LD with variation range from one to five. The purpose of this research is to test the accuracy of Levenshtein Distance algorithm in making Text Suggestion and Text Correction system. The method used is to calculate the level of similarity of the keyword with a list of references in the database, and take the word to be used as a text suggestion or text correction. From the results of this study, it will be found that a maximum limit Levenshtein Cost can affect the accuracy of the results of text correction and text suggestion.The optimum of Maximum LD is two or three.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Arvin Christian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 53 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-251152582 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20480658