:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan tipe adult attachment dengan tingkat kekerasan dalam berpacaran pada emerging adults = Relationship between adult attachment types and level of dating violance in emerging adults

Miranda Septarina; Indira Primasari, supervisor; Ina Saraswati, examiner; Pratiwi Widyasari, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu ciri utama dari periode emerging adulthood adalah memasuki eksplorasi cinta yang mendorong untuk membangun hubungan berpacaran. Akan tetapi, dalam menjalani hubungan berpacaran pasti akan terdapat perbedaan didalamnya yang berujung konflik dan dapat berkahir pada kekerasan. Sementara itu, pola kelekatan dengan pasangan (adult attachment) yang merupakan refleksi kelekatan individu dengan orangtuanya di masa kecil adalah faktor risiko yang memberikan kontribusi terbanyak untuk individu yang terlibat kekerasan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe adult attachment dengan tingkat kekerasan dalam berpacaran pada emerging adult.
The Experiences in Close Relationship-Revised (ECR-R) dan kekerasan dalam berpacaran diukur menggunakan The Revised Conflict Tactics Scales. Penelitian pada 293 partisipan dengan usia 18-25 tahun yang sedang menjalin hubungan berpacaran selama minimal enam bulan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara secure attachment dengan kekerasan dalam berpacaran (r(N=293) = -0,071, p > 0.05). Namun demikian, terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara dismissing attachment dengan kekerasan dalam berpacaran (r (N=293) = - 0,209, p 0,05), lalu terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara preoccupied attachment dengan kekerasan dalam berpacaran (r(N=293) = 0,142, p < 0,05), serta terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara fearful attachment dengan kekerasan dalam berpacaran (r(N=293) = 0,122, p 0,05).

ABSTRACT
One of emerging adulthoods main characteristics is entering the exploration of love that encourages to build a dating relationship. However, going through a dating, there will be differences in it that can lead couple into conflict, even become dating violance. Meanwhile, the attachment with couples (adult attachment), is the reflection of individuals attachment with parents in childhood is a risk factor that gives the most contribution to violence, so this study aims to know the relationship between adult attachment types and level of dating violence in emerging adults. Adult attachment types are measured by The Experiences in Close Relationship-Revised (ECR-R) and dating violance is measured by The Revised Conflict Tactics Scales (CTS2). Based on 293 participants aged 18-25 years who at least six months in dating show that there is no relationship between secure

 File Digital: 1

Shelf
 Spdf-Miranda Septarina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 99 [3] pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-835080991 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481202