:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Apakah grit dapat berperan sebagai mediator pada hubungan antara kreativitas dan kinerja pada dosen? = Does grit act as a mediator in the relationship between creativity and job performance on university lecturers?

Ifandi Khainur Rahim; Purba, Debora Eflina, supervisor; Dianti Endang Kusumawardhani, examiner; Eka Gatari, examiner ([Publisher not identified] , 2018)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang tidak konsisten pada hubungan antara kreativitas dan kinerja. Beberapa penelitian menemukan hubungan positif, sementara penelitian lain menemukan hubungan negatif atau tidak signifikan antara kreativitas dan kinerja. Hal ini mengindikasikan adanya mekanisme psikologis yang menghubungkan kreativitas dan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh grit sebagai mediator pada hubungan antara kreativitas dan kinerja, dengan mengacu pada investment theory of creativity. Partisipan merupakan 390 dosen aktif yang bekerja di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode self-report dengan kuesioner daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran grit sebagai mediator tidak signifikan. Akan tetapi, hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi perseverance of effort berperan sebagai mediator pada hubungan antara kreativitas dan kinerja dosen. Sementara itu dimensi consistency of effort tidak berperan sebagai mediator pada hubungan tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa dimensi perseverance of effort merupakan dimensi yang lebih penting dibandingkan consistency of interest pada subyek dosen.

ABSTRACT
Previous studies found inconsistent results in the relationship between creativity and job performance, indicating an underlying mechanism to occur between the variables. This study aimed to examine grit as the mediator in the relationship between creativity and performance using investment theory of creativity. Participants were 390 active lecturers who worked in various universities in Indonesia. This study used self-report method with online questionnaire directed at lecturers. The results of the study indicated that grit did not mediate the relationship between creativity and lecturer job performance. Further analyses showed that perseverance of effort dimension fully mediated the relationship, but consistency of interest dimension did not mediate the relationship. These findings showed that the perseverance of effort was an important mediator compared to consistency of interest in lecturers.

 File Digital: 1

Shelf
 Spdf-Ifandi Khainur Rahim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI. Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 145-19-531529327 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481283