ABSTRAK Artikel ini berargumen bahwa komitmen terhadap organisasi dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan konflik kerja-keluarga. Studi terdahulu komitmen organisasi dipengaruhi oleh struktur dalam organisasi serta efektivitas manajerial, kondisi ini bersifat stuktural, tetapi pada artikel ini individu dalam organisasi memiliki kepuasan kerja dan konflik kerja - keluarga. Tenaga pendidik dan nonpendidik memiliki perbedaan komitmen terhadap organisasi. Mengacu pada survei dan pengamatan komitmen terhadap organisasi tinggi pada tenaga pendidik karena didominasi dengan ststus Pegawai Negeri Sipil. Selain kepuasan kerja, konflik kerja-keluarga juga menjadi variabel pengaruh dari perbedaan gender diantara tenaga pendidik dan non-pendidik, perempuan pada tenaga non-pendidik mayoritas memiliki intensitas tinggi pada konflik kerja-keluarga, karena adanya peran ganda dan adanya tekanan dari pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengambil sampel stratified random sampling dengan (31 )komposisi tenaga pendidik dan (10) tenaga non-pendidik dengan standar error 0.1. Untuk melihat korelasi penelitian ini menggunakan uji somersd. ABSTRACT This article argue the commitment to organization is determined by jobsatisfaction and work family conflict. Based on previous studied commitment toorganization influenced by structure in organization and managerial effectivities,condition about stuructural, but in that article individu on organization have a jobsatisfaction and work-family conflict. Employee educator and non-educator havedifferent commitment to organization. Refers on the survey and observationcommitment to organization high rate on educator employee because many ofthem civil servant which have impact on motivation factors on indicatorrecognition and it differently with non-educator employee. Another than Jobsatisfaction, Work-family conflict too independent variable about different genderbetween educator employee and non-educator employee, female in non- educatoremployee majority high rate insensity of work family-conflict among observationthey have conflict with multiple role and task and pressure of work. This researchused quantitative approach although stratified random sampling technic. The datawas collected from the respondent which is include (31) composition teacher(educator employee) and from (10) non-teacher respondent with 0.1 standar error.The view correlation this research had used Somersd. |