Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xv, 155 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T51699 15-19-225664702 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481842
 Abstrak
ABSTRAK Defisit pada keterampilan sosial merupakan karakteristik utama yang ditemukan pada individu dengan gangguan autisme. Defisit tersebut meliputi berbagai aspek keterampilan, termasuk keterampilan yang paling dasar sekalipun seperti responsivitas sosial. Remaja yang didiagnosa dengan autisme umumnya menghadapi kesulitan yang lebih besar dibandingkan kelompok usia sebelumnya karena mereka dituntut untuk berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa di sekolah maupun komunitasnya. Meskipun begitu, masih terbatas metode intervensi yang didukung oleh penelitian yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengatasi kesenjangan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan behaviorally-based social skill group intervention pada remaja berusia 17-18 tahun dengan gangguan autisme (n=3). Intervensi behaviorally-based social skill group ini merupakan model progresif dari pendekatan applied behavior analysis dan terdiri dari 12 sesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah intervensi berakhir, semua partisipan mengalami peningkatan yang signifikan pada keterampilan responsivitas sosial mereka terhadap insisiasi sosial yang berasal dari orang dewasa (p<0.05), namun ketika inisiasi sosial berasal dari teman sekelompoknya, terdapat satu partisipan yang mengalami peningkatan namun tidak secara signifikan. Hasil yang didapatkan oleh ketiga partisipan ditemukan berhasil bertahan hingga 3 minggu setelah intervensi selesai, bahkan satu patisipan yang awalnya tidak mengalami peningkatan signifikan terlihat mengalami peningkatan pada tahap ini.
ABSTRACT Deficits in social skills are the main characteristic of individual with autism, including the most basic social skills such as social responsiveness. Adolescents diagnosed with autism face a greater difficulties as they interact with same-aged peers and adults in their schools and communities. However, few empirically based interventions have been design to meet these needs. Therefore, this current study aims to test the effectiveness of a behaviorally-based social skill group intervention in adolescents aged 17-18 years with autism spectrum disorders (n=3). This 12 sessions intervention employed a progressive applied behavior analysis model. The results showed that every participants improved significantly in their social responsiveness (p<0.05) towards teacher's initiation, but their social responsiveness towards friend's initiation did not improve significantly. Despite that, the results were maintained up to 3 weeks after intervention had concluded.