:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Motivasi menjadi seorang dance cover: studi kasus pada grup dance cover BTAce = Motivation to become a dance cover: case study on BTAce dance cover group

Evi Yunita; Sri Murni, supervisor; Meutia Farida Hatta Swasono, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang motivasi yang dimiliki oleh anggota dance cover. Dance cover adalah usaha untuk menampilkan tarian yang semirip mungkin dengan tarian yang dilakukan artis yang ditiru. Dance cover seringkali dianggap buruk bagi orang yang tidak mengetahuinya. Seringkali para anggota dance cover mendapatkan hal yang tidak menyenangkan seperti cibiran. Tindakan kurang menyenangkan dan penolakan yang dialami anggota dance cover juga berasal dari orang terdekat mereka. Penolakan dapat memunculkan motivasi seseorang untuk tetap menjadi anggota dance cover. Anggota dance cover memilih bertahan dalam komunitasnya karena mereka merasa lebih diterima di komunitas tersebut dan bisa mengekspresikan diri mereka tanpa harus mendapatkan penolakan. Faktor lain yang membuat mereka bertahan manjadi seorang dance cover adalah motivasi yang mereka miliki untuk membuktikan kepada orang-orang yang mencibir mereka, rasa sense of community yang dimiliki terhadap komunitas mereka, dan masih ada keinginan mereka yang belum tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga orang anggota dance cover yang telah berkarir lebih dari lima tahun. Informan dari penelitian ini adalah anggota dance cover dari sebuah grup bernama BTAce.

This thesis discusses the motivation possessed by dance cover members. Dance cover is an attempt to perform a dance that is as similar as possible to the dances performed by artists who are copied. Dance cover is often considered bad for people who don't know it. Often the cover dance members get things that are not fun like scorn. Unpleasant actions and rejection experienced by dance cover members also come from the people closest to them. Rejection can bring up one's motivation to remain a dance cover member. Dance cover members choose to stay in their community because they feel more welcome in the community and can express themselves without having to get rejected. Another factor that makes them survive being a dance cover is the motivation they have to prove to the people who pout them, the sense of community they have towards their community, and their desires are still not achieved. This study uses a qualitative approach through observation and in-depth interviews of three dance cover members who have worked for more than five years. The informants of this study were dance cover members of a group called BTAce.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Evi Yunita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 77 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-528725412 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20481993