:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Simulasi pipa spiral tiga lobes dengan perbedaan kelengkungan terhadap intensitas aliran swirl = Simulation spiral pipe 3 lobes with difference in curvature on swirl flow intensity

Aji Satrio Rinenggo; Yanuar, supervisor; Agus Sunjarianto Pamitran, examiner; Achmad Riadi, examiner; Muhammad Arif Budiyanto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Tugas akhir ini menyajikan tentang bagaimana mengatahui pengoptimalan pipa spiral tiga lobes yang dialiri oleh lumpur dengan tingkat kelengkungan pipa, dengan penggunaan Reynolds Number. Aliran lumpur terdiri dari partikel padat dan fluida yang membentuk endapan, dengan karakteristik aliran yang mempengaruhi pada ukuran partikel, distribusi partikel, konsentrat partikel, geometri pipa, dan viskositas. Konsentrasi lumpur yang mengalir dalam percobaan ini diikuti oleh Concentration Weight. Pusaran yang mengalir dalam pipa spiral akan menunjukkan keefektifan putaran, serta intensitas pusaran sebagaimana dengan persamaannya, dan tekanan jatuhnya. Analisis dan grafik akan dijelaskan dari data dua buah pipa spiral. Ada dua pipa spiral dan masing-masing memiliki empat lengkungan yang berbeda, dan dialiri oleh lumpur. Pada laju alir yang tinggi, efek geometri swirl dapat menjadi tekanan yang berlebih dikarenakan partikel padat. Konsentrasi padatan dari lumpur telah dibagi dengan 20Cw, 30Cw, dan 40Cw. Pitch per Diameter dibagi menjadi dua yaitu 5 dan 9. Hasilnya didapat dari dua buah pipa spiral pada kelengkungan yang maksimum, dan Computational Fluid Dymanics membantu mencari variabel yang dibutuhkan dari dua pipa spiral dengan masing-masing kelengkungan. Tujuannya yaitu mengetahui perbedaan antara kelengkungan yang akan menunjukkan optimalisasi terbaik di setiap pipa spiral.

In this study, a spiral pipe 3 lobes that is flowed with slurry is optimized on different degrees of curvature and specified Reynolds Number. Flow of slurries consists of solid particles and fluid which then forms suspension. Suspension is caused by the characteristics of the flow such as the size of the particle, the distribution of particle, the concentrate of particle, the pipe geometry, and viscosity. The slurry with specified Reynolds Number is flown through two spiral pipes with each one has a different four degrees of curvature. On a high flow rate, the increase of the pressure for mixed flow solid-liquid (slurries) occurs higher than in pure fluids. Meanwhile during low flow rate, the effect of swirl geometry reduces the excessive pressure due to the solid particle. Concentration weight of slurry is divided to 20Cw, 30Cw, and 40Cw. P/Di is divided by 5 and 9. The result of experiment was found to be by using two spiral pipe and while the simulation using Computational Fluid Dynamics shows the result of eight curvature spiral pipe. It is expected that the difference between curvature will shows the best optimum condition for each spiral pipe.

 File Digital: 1

Shelf
 S-pdf-Aji Satrio Rinenggo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 62 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-519761786 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482090