:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Membangun kepercayaan diri siswa pada konsep asam basa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing / R. Ahmad Zaky El Islami, Anna Permanasari, Anna Permanasari

R. Ahmad Zaky El Islami; Nahadi; Anna Permanasari (Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 24 Kabupaten Tangerang pada bulan Januari-Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, subyek dalam penelitian ini terdiri dari 77 siswa, dibagi menjadi 2 kelompok: yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kepercayaan diri dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri siswa untuk kelompok eksperimen (rata-rata = 54,49 dan simpangan baku = 18,67) lebih rendah daripada kelompok kontrol (rata-rata = 57,63 dan simpangan baku sebesar 14,37). Setelah dilakukan uji Mann-Whitney (pada taraf signifikansi 95%) diperoleh nilai α sebesar 0,293 > 0,05. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kepercayan diri siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

 Metadata

No. Panggil : 370 EDU 7:1 (2015)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19797281
Majalah/Jurnal : EDUSAINS
Volume : Vol. 7, No. 1, Juni 2015: Hal. 48-56
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 EDU 7:1 (2015) 03-19-509496328 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20482355