ABSTRAK Penyalahgunaan NAPZA/rokok pada remaja di SMKKecamatan Cimanggis Depok Risiko penyalahgunaan NAPZA/rokok pada remaja terus meningkat, hal ini dapat memberikan dampak negatif pada remaja baik pada fisik, psikologis, ekonomi dan socialremaja. Kondisi ini membutuhkan intervensi yang dapat mencegah risiko penyalahgunaan NAPZA/rokok pada remaja. Karya Ilmiah ini bertujuan umtuk memberikan gambaran dan pengaruh pelaksanaan intervensi MASBRO (Mari Ayo Sadari Bahaya Rokok) dan sebagaibentuk intervensi keperawatan komunitas pada remaja. Pelaksanaan intervensi MASBRO dilakukan di komunitas khususnya seting sekolah dan keluarag selama 6 bulan. Hasilintervensi MASBRO menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pengatahuan, sikap, dan keterampilan terhadap pencegahan risiko penyalahgunaan NAPZA/rokok sebelum dansesudah intervensi (p value= 0.000). Intervensi dapat dipalikasikan sebagai salah satu upayapencegahan risiko penyalahgunaan NAPZA/rokok pada remaja di sekolah. ABSTRACTThe risk of drug / smoking abuse in adolescents was increasing, this condition may causenegative impact on physical, psychological, economic and social of adolescents. Thiscondition requires interventions that can prevent the risk of drug / cigarette abuse inadolescents. This Final paper aims to provide an overview and influence of theimplementation of the intervention of MASBRO (Let's Realize the Dangers of Cigarettes)and as a form of community nursing intervention in adolescents. The implementation of theMASBRO intervention was carried out in the community, especially the school settings andfamily planning for 6 months. The results of the MASBRO intervention showed an increasein the average knowledge, attitudes, and skills to prevent the risk of drugs / cigarettes abusebefore and after the intervention (p value = 0.000). MASBRO implementation efectivelyincrease of knowledge, attitudes, and skills to prevent the risk of drug/cigarette abuse. ThisInterventions should be sustainable in order to prevent the risk of drug abuse / cigarettes forteenagers in the school. |