Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Tipe Carrier : volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : xv, 95 pages : illustration; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T52258 15-19-419603083 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20485516
 Abstrak
ABSTRAK
Pengulangan latihan dalam rehabilitasi pascaoperasi coronary artery bypass graft (CABG) mempercepat fase pemulihan. Singkatnya masa perawatan di rumah sakit pasca pembedahan membutuhkan edukasi keperawatan untuk meningkatkan kapasitas fungsional selama pemulihan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi preoperatif berbasis audiovisual terhadap kemampuan mengingat, kecemasan dan kemampuan fungsional pada pasien CABG. Penelitian quasi eksperimen ini melibatkan 32 pasien yang dibagi menjadi masing-masing 16 responden kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna pada kemampuan mengingat teknik yang diajarkan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol da kecemasan fungsional. Edukasi pre-operatif berbasis audiovisual ini dapat digunakan pada layanan keperawatan untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan kemampuan fungsional daan menurunkan kecemasan pada pasien CABG
ABSTRACT
Repetition of exercises in rehabilitation after coronary artery bypass graft (CABG) improve the recovery phase. The short period of post-surgical care at the hospital requires nursing education to increase functional capacity status in recovery. This study aimed to identifying the effects of audiovisual preoperative education on memory recall, anxiety and functional capacity of post CABG patients. A quasi-experimental study was designed with 32 patients were grouped into two groups each consisted of 16 patients. The results show there was statisstically significant difference in memory recall anxiety and functional capacity between the intervention and control groups. To conclude, audiovisual preoperative education is recomended to implemented in clinical practice to improve recovery among after CABG patients