ABSTRAK Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemanfaatan TeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK) di masyarakat, Kementerian Komunikasi danInformatika menyelenggarakan Program Satu Juta Domain berupa bantuan situs webdengan nama domain Indonesia dan hosting lokal gratis selama satu tahun kepadaUMKM, sekolah, pondok pesantren, komunitas, dan desa. Tujuan dari program ini adalahuntuk mendorong UMKM memasuki pemasaran online, mendorong pertumbuhankonten-konten positif melalui situs web yang dibangun oleh sekolah, pondok pesantren,komunitas dan desa. Program yang dibangun dari tahun 2016 sampai tahun 2018 telahmenyalurkan bantuan sebanyak 55.399 situs web yang tersebar di seluruh Indonesia,namun kurang mendapatkan respon positif dari penerima bantuan yang dilihat dari jumlahpenerima bantuan yang melanjutkan penggunaan situs web tersebut pada tahun 2017.Penelitian ini bertujuan melakukan analisis faktor-faktor yang memengaruhi niatmelanjutkan penggunaan situs web pada penerima bantuan domain .id. Modelpenerimaan teknologi yang digunakan pada penelitian ini adalah ExpectationConfirmation Model (ECM) dan Technology Organization Environment (TOE)Framework. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat exploratory researchdengan pengumpulan data menggunakan Google Form. Jumlah responden yangterkumpul sebanyak 367 responden yang tersebar di 20 provinsi. Data di olahmenggunakan metode partial least square-structural equation model (PLS-SEM)dengan aplikasi Smart-PLS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menemukan bahwavariabel training dan program assistant tidak memberikan pengaruh rasa manfaat padapengguna. Variabel competitive pressure dan firm size tidak berpengaruh terhadapcontinuance usage intention. Variabel subjective norms berpengaruh paling signifikanterhadap continuance usage intention situs web, diikuti oleh variabel satisfaction danperceived usefulnes. Terdapat 81% responden yang berniat melanjutkan penggunaan situswebnya. ABSTRACT In order to encourage digital economic growth through Information and CommunicationTechnology (ICT) in the community, the Ministry of Communication and Informatics hasa One Million Domain Program providing websites free for a year with Indonesiandomain names and local hosting to SMEs, schools, Islamic boarding schools, community,and village. The aim of this program is to encourage SMEs entering online marketing,encouraging the growth of positive content through websites built by schools, Islamicboarding schools, communities and villages. The program, which was built from 2016 to2018, has distributed 55,399 websites spread throughout Indonesia, but received negativeresponse from beneficiaries as seen from the number of beneficiaries who continue thewebsite usage in 2017. This study aims to analyze factors that influence the continuancewebsite usage intention on beneficiaries. The technology acceptance model used in thisstudy is the Expectation Confirmation Model (ECM) and the Technology OrganizationEnvironment (TOE). This research is exploratory-quantitative research by collecting datausing Google Form. The number of respondents collected was 367 respondents spreadacross 20 provinces. Processing Data uses partial least square method-structural equationmodel (PLS-SEM) with Smart-PLS and Microsoft Excel applications. The results of thestudy found that training and program assistants variables did not gives users a sense ofusefulness. Competitive pressure and firm size variables did not affect the intention ofcontinuance use. The subjective norm variable is the most significant for the continuityof the use of website intentions, followed by satisfaction and perceived usefulnessvariables . Around 81% of respondents intend to continue the website usage. |