ABSTRAK Nama : Rohana Octavia Damanik Program Studi : Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit Judul Tesis : Analisis Penyelenggaraan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang Insiden Keselamatan Pasien diasosiasikan dengan kehilangan nyawa ataupun disabilitas permanen. RSUD Jati Padang, rumah sakit milik pemerintah provinsi DKI Jakarta, baru setahun berdiri, namun sudah ada 11 insiden yang diketahui dari Laporan dan Analisis Insiden Tim Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Januari-Juni 2018 di RS tersebut. Dalam rangka persiapan akreditasi, peneliti merasa perlu untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Jenis penelitian merupakan studi kasus, didahului dengan pengisian checklist yang disesuaikan dengan persyaratan permenkes No 11 tahun 2017 yang dikuantifikasi untuk melihat gap antara current situation dengan persyaratan permenkes. Penelitian dilanjutkan dengan Consensus Decission Making Group (CDMG) untuk menganalisis penyebabnya dan tindak lanjut untuk meningkatkan penyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Hasil penelitian menunjukkan penyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang masih kurang. Dari CDMG didapatkan 11 akar penyebab masih rendahnya penyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Alternatif solusi yang dikemukakan antara lain mensosialisasikan slogan ‘no blaming’, penunjukan petugas full timer Keselamatan Pasien dan menunjuk ‘pegawai teladan dalam Keselamatan Pasien’ Kata Kunci : Keselamatan Pasien, Rumah Sakit, Permenkes
ABSTRACT Name : Rohana Octavia Damanik Study Program : Hospital Administration Master Program Title : Analysis of Patient Safety Implementation in Jati Padang District General Hospital Patient safety incidents are associated with loss of life or permanent disability. Jati Padang Hospital, owned by the DKI Jakarta provincial government, has only been established for a year, but from the incident report of Patient Safety Commitee in the Hospital, from January till June 2018, it was found 11 reports of incidents. More over, to fulfill the hospital accreditation requirements, therefore, the researcher wanted to find out how patient safety implementation is in Jati Padang Hospital. This type of research is a case study, preceded by filling in a checklist that is adjusted to the requirements of Permenkes No. 11 tahun 2017 to see the gap between the current situation and the requirements of the Permenkes. The study continued with the Decision Making Group Consensus (CDMG) to analyze the causes and solutions to improve patient safety management in Jati Padang Hospital. The results of the study showed that the implementation of patient safety in Jati Padang Hospital is still lacking. From the CDMG, we found 11 root causes of the lacking of patient safety implementation in Jati Padang Hospital. Alternative solutions presented include socializing the slogan 'no blaming', appointing a Patient Safety Officer and appointing 'patient safety champion'. Keywords: patient safety, hospital, indonesian health ministry regulation |