:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Reformasi birokrasi melalui revitalisasi kelembagaan eksekutif, legislatif dan yudikatif / Yanuar Ahmad

Yanuar Ahmad; (Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Revitalisasi kelembagaan birokrasi dilakukan guna mengembalikan birokrasi kepada fungsi dukungannya dengan dasar pencapaian Nawacita, penegakkan hukum dan peraturan perundangan dengan memperhatikan aspek dukungan politik dan legitimasi, serta dukungan sumber-sumber daya organisasi. Revitalisasi yang dilakukan meliputi dimensi filosofi, paradigmatik, kelembagaan, ketatalaksanaan dan dimensi sumber daya manusia. Di sisi lain pemisahan cabang-cabang kekuasaan negara yang dimandatkan oleh UUD 1945 yaitu eksekutif, legislatif, yudikatif, konstitutif dan auditif diselenggarakan dalam bentuk kelembagaan tinggi negara sesuai tugas dan fungsinya masing-masing yang dijalankan secara independen. Walaupun demikian, seluruh lembaga negara terkoneksi satu sama lain berdasarkan keeratan tugas dan fungsi yang saling melengkapi, maupun berdasarkan kesamaan karakteristik kelembagaan birokrasi dari masing-masing lembaga negara sebagai unit pemberii dukungan administratif dan teknis operasional.

 Metadata

No. Panggil : 320 JPAN 8 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20893612
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendayagunaan Aparatur Negara
Volume : Vol. 8, Agustus 2018; Hal. 163-182
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rda media)
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
320 JPAN 8 (2018) 03-19-883310275 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20486891