:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat melalui Budidaya Tanaman Sengon di Desa Pamagersari, Jasinga, Kabupaten Bogor / Nur Hadiyazid Rachmad, Muhammad Fikri Irfani, Lionica Astrida, Muhammad Fikri, Irfani, Lionica Astrida

Nur Hadiyazid Rachmad; Muhammad Fikri Irfani; Lionica Astrida; Muhammad Fikri, Irfani; Lionica Astrida; Lusi Nur Ariyana; Lisa Aprilia; Muhammad Ramdani; Muhammad Hazmi; Muhammad Misbahul Khoir; Nasya Khiyarillah; Nurul Hidayati; Desi Putri Fajar Sari; Syaffia Ulfana; Desiana Husnuzh Zhon (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya dan bahayanyamembuang sampah di sungai merupakan masalah yang paling serius di kalangan masyarakatDesa Pamagersari. Pemukiman masyarakat yang semakin padat dapat mengurangi lahan untukpenanaman pohon, sehingga hal tersebut dapat mengurangi resapan air hujan, sumur yang kering,timbulnya banjir bandang serta menyebabkan pemukiman warga menjadi kering dan gersang.Oleh karena itu kami memiliki program kerja yaitu pengadaan tong sampah dan budidaya tanamansengon dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait masih banyaknyamasyarakat yang membuang sampah disungai. Untuk merealisasikan tujuan programkerja kami, kami memberikan tempat pembuangan sampah disekitar desa yang berfungsijuga sebagai sarana penghijauan lingkungan agar lingkungan tidak kering, tidak gersang dan tetapmemiliki resapan air. Air yang meresap ke dalam tanah dapat menambah debit air yang masuk kedalam sumber bertambah terutama untuk daerah yang tanahnya tidak mendukung sebagai tempatpembuatan sumur. Selain untuk peresapan air, hasil dari penanaman pohon tersebut juga dapatdimanfaat masyarakat sebagai sumber perekonomian.

 Metadata

No. Panggil : 300 SYU 1:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 26148501
Majalah/Jurnal : Syukur: Jurnal Inovasi Sosial & Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume : Vol. 1, No. 2 Oktober 2018: Hal. 145-154
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rda media)
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
300 SYU 1:2 (2018) 03-19-136112822 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488274