:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Sexual script top, vers, dan bot di kalangan pengguna aplikasi kencan daring grindr untuk homoseksual = Top, vers, and bot sexual script in grindr mobile dating application user for homosexual

Supozwa Begawan Asmara Lanank; Pakasi, Diana Teresa, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan sexual script di dalam aplikasi Grindr melalui pemaknaan terhadap posisi top, vers, dan bot di kalangan laki-laki homoseksual Jakarta dan Depok. Penelitian ini berangkat dari konsep sexual script yang melihat cara individu mempelajari norma dan nilai yang terkonstruksi dalam kehidupannya sehari-hari untuk kemudian dijadikan sebagai panduan bagi individu untuk menjalankan perilaku seksualnya. Konstruksi sexual script yang tradisional dalam interaksi langsung perlu ditinjau ulang dalam konteks relasi homoseksual di dalam era masyarakat digital. Penelitian ini berargumen bahwa aplikasi Grindr pemaknaan terhadap posisi top, vers, dan bot yang ditampilkan pada aplikasi Grindr membentuk sexual script yang baru dan berbeda dengan tradisional sexual script. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Grindr memudahkan dalam mencari pasangan seks dan melanggengkan individu homoseksual untuk mengekspresikan identitas seksualnya. Penelitian ini juga melihat bahwa nilai-nilai heteronormativitas dan hegemoni maskulinitas masih diadopsi di dalam posisi seks top, vers, dan bot walaupun terdapat negosiasi mengenai peran bot pada dalam interaksi di dalam aplikasi Grindr atau pun kencan yang difasilitasi aplikasi tersebut. Selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa pada posisi seks vers, interaksi yang terjadi akan mengikuti posisi seks dari pasangannya atau suasana hati dari individu saat itu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam terhadap laki-laki homoseksual berusia 18–29 tahun pengguna aplikasi kencan daring Grindr.

This article aims to understand sexual scripts in the Grindr application through the individuals meaning of top, vers, and bot positions among the homosexual male who use Grindr in Jakarta and Depok. This research is using the concept of sexual script that examines at the individual way to learn the norms and values constructed in their daily lives that that used as a guide for the individuals to carry out their sexual behavior. The traditional sexual script needs to be reviewed in the context of homosexual relations in the era of digital society. This study argues that Grindr app and the top, vers, and bot position in Grindr are preferences that creates a new form of sexual scripts on the use of online dating apps that distinguish them from the traditional sexual script. The research findings show that the Grindr apps has made it easier for the informants to find sex partners and express their sexuality. In addition, this studies also found that the values of heteronormative and hegemony of masculinity were still adopted even though there were negotiations regarding the role of homosexual sex interaction in bot in the Grindr application where they negotiate about the hegemonic of heteronormativity in Grindr. This study uses a qualitative method. The data is obtained by conducting in-depth interviews. The criteria of the informants in this study were homosexual men aged 18-25 years old, actively using Grindr online dating apps for homosexual men.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Supozwa Begawan Asmara Lanank.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : v, 117 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-22-78988845 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488592