:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh keyakinan moral dan identitas sosial dalam menguatkan intensi aksi kolektif = The effect of moral conviction and social identity in increasing collective action intention

Ahmad Salim; Whinda Yustisia, supervisor; Mirra Noor Milla, examiner; Mellia Christia, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Studi sebelumnya telah melaporkan bahwa keyakinan moral memprediksi keterlibatan dalam aksi kolektif. Namun, ada beberapa kasus di mana keterlibatan dalam aksi kolektif terkait dengan keyakinan moral cukup rendah. Kami berasumsi bahwa identitas sosial mempengaruhi efek ini, di mana individu dengan identifikasi kelompok yang kuat akan lebih sadar bahwa atribut kelompok mereka - norma dan kepercayaan moral - dilanggar, sehingga mereka lebih termotivasi untuk melakukan tindakan kolektif daripada individu dengan identifikasi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh identitas sosial terhadap pengaruh keyakinan moral terhadap tindakan kolektif. Sebuah studi eksperimental semu dengan desain kelompok non-setara, antara subjek, dengan 68 mahasiswa dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keyakinan moral mempengaruhi niat keterlibatan dalam tindakan kolektif. Namun demikian, efek itu tidak dipengaruhi oleh tingkat identifikasi dengan kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa keyakinan moral memiliki efek otonom, di mana ia dapat memengaruhi tindakan kolektif tanpa bergantung pada identitas sosial.

Previous studies have reported that moral beliefs predict involvement in collective action. However, there are some cases where involvement in collective action related to moral beliefs is quite low. We assume that social identity influences this effect, where individuals with strong group identification will be more aware that their group attributes - norms and moral beliefs - are violated, so they are more motivated to take collective action than individuals with low identification. This study aims to examine the effect of social identity on the influence of moral beliefs on collective action. A pseudo experimental study with a non-equivalent group design, between subjects, with 68 students was conducted. The results of this study indicate that moral beliefs influence intention to engage in collective action. However, the effect was not influenced by the level of identification with the group. This research shows that moral belief has an autonomous effect, where it can influence collective action without relying on social identity.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ahmad Salim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 77 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Uiniversitas Indonesia. Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-410244545 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20488671