:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Dukungan sosial sebagai moderating effect pada hubungan antara parenting stress dan dysfunctional parenting pada populasi ibu dari keluarga miskin = Relationship between parenting stress and dysfunctional parenting moderated by parenting knowledge in mother living in poverty

Kharisma Riandinar Djati; Rini Hildayani, supervisor; Adhityawarman Menaldi, examiner; Mita Aswanti Tjakrawiralaksana, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Ibu yang berasal dari keluarga miskin sangat rentan mengalami stres, baik stres yang dialami karena keterbatasan ekonomi maupun stres yang disebabkan karena mengasuh anak. Stres yang dialami ibu, terutama stres yang terkait dalam pengasuhan (parenting stress) seringkali membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang disebabkan oleh tingginya parenting stress adalah dysfunctional parenting. Hubungan negatif antara parenting stress dan dysfunctional parenting dapat dimoderasi oleh satu faktor protektif, yaitu dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara parenting stress dan dysfunctional parenting serta efek moderasi dari dukungan sosial pada hubungan parenting stress dan dysfunctional parenting pada populasi ibu dari keluarga miskin. Penelitian ini dilakukan pada 113 partisipan yang berasal dari populasi keluarga miskin yang memiliki anak berusia 3-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukannya peran moderasi dari dukungan sosial.

ABSTRACT
Mothers who live in poverty are vulnerable to parenting stress, which is caused by economic condition or child-rearing experience. Mothers who experience parenting stress will have negative impacts. One of the negative impacts of parenting stress is dysfunctional parenting. The relationship between parenting stress and dysfunctional parenting can be moderated by social support, which is our aim of study. This study conducted on 111 mothers living in poverty who had children aged 3-5 years. Result shows that parenting stress could predict dysfunctional parenting while there is no moderating effect of social support.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Kharisma Riandinar Djati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 86 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-729761924 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20489417