Performa atribut atraktif sebagai sarana kontak dengan place brand suatu ruang publik = Performance of attractive attributes as a vehicle of contact with place brand of a public space
Muhamad Rendy Abdillah;
Achmad Hery Fuad, supervisor; Herlily, examiner; Ahmad Gamal, examiner
([Publisher not identified]
, 2019)
|
ABSTRAK Branding telah menjadi topik yang dibicarakan dan diteliti oleh berbagai macam disiplin ilmu dalam beberapa dekade terakhir. Praktik branding pun mulai disinggung dalam skala urban baik kota maupun negara. Suatu brand dapat tercipta melalui proses interaksi dan pengalaman seseorang terhadap suatu hal, baik langsung ataupun tidak. Proses interaksi dan pengalaman tersebut, serta berbagai informasi dan komunikasi yang diterima seseorang, disebut sebagai kontak terhadap brand. Agar kontak tersebut dapat terjadi, perlu adanya sarana melalui atribut tertentu agar seseorang dapat mengalami secara langsung. Kontak yang terjadi secara berulang-ulang berkontribusi dalam pembentukan image dan brand suatu tempat. Setiap orang memiliki interpretasi dan image yang berbeda- beda terhadap suatu brand. Image tersebut yang menentukan nilai equity dari place brand terkait, dalam hal ini ruang publik. Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi praktik branding dalam skala ruang publik dengan menganalisis performa atribut pada ruang publik. Untuk mengeksplorasi secara nyata tentang place brand dan ruang publik, dilakukan observasi pada salah satu ruang publik di Jakarta, yaitu Taman Lapangan Banteng. Atribut pada Taman Lapangan Banteng dikategorikan berdasarkan performa menurut kepuasan dan kepentingan atas keberadaannya menggunakan Model Kano dan Model I-S. Selanjutnya, dianalisis bagaimana performa atribut tersebut menurut nilai-nilai apresiasi visual. Sehingga didapatkan atribut paling kuat, dengan potensi untuk meningkatkan nilai equity dari place brand suatu ruang publik, yang berperan terhadap place brand ruang publik secara keseluruhan. ABSTRACT Branding has become an interesting topic for interdisciplinary study for a fewdecades. The practice of branding even started to be discussed in the scale ofurban environment like city and country. A brand can be created through theproccess of interaction and experiencing something, whether it is directly orindirectly. That process of interaction and experience, and how people receivedvarious information and different kind of communication, is called brand contacts.For the contact to occur, it needs a medium or vehicle through particular attributesso people can experience the contact directly. Brand contacts that occurrepetitively and then received in peoples mind create a different image and brandof a place for each person. Brand contacts determines how an individual perceivedtheir perspective about the informations they received. Every people havedifferent interpretation and image of the related brand. That image determines thevalue of place brand equity of a public space. The aim of this paper is to identifythe practice of branding, in a scale of public space by analyzing performances ofpublic space attributes. To explore about the relation between place brand and apublic space, an observation of one public space in Jakarta, that is LapanganBanteng Park, occured. Attributes of Lapangan Banteng Park categorized dependon its performance. The performance evaluated based on the value satisfactionand importance of the appearance of attributes with Kanos Model and I-S Model.Furthermore, the finding shows the most potential attributes to increase the valueof a place brand equity. This indicates the role of attributes as the vehicle of brandcontacts for the overall place brand of a public space. |
![]()
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 56 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-20-212465090 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20489859 |