:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan strategi pengiriman barang yang tepat dengan mempertimbangkan faktor keberlanjutan menggunakan metode Graph Theoretic Approach (GTA) di industri e-commerce = Designing sustainable parcel shipment strategy using Graph Theoretic Approach (GTA) in the e-commerce industry

Zahra Dimasepta; Inaki Maulida Hakim, supervisor; Teuku Yuri M. Zagloel, examiner; Komarudin, examiner; Arian Dhini, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Industri e-commerce saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia dan hal tersebut berdampak pada peningkatan pengiriman barang. Saat ini pengiriman barang di industri e-commerce masih sangat berfokus pada profit dan belum memperhatikan faktor keberlanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi yang tepat untuk pengiriman barang di industri e-commerce dengan mempertimbangkan faktor keberlanjutan.
Penelitian ini menggunakan metode Graph Theoretic Approach (GTA) untuk mendapatkan usulan strategi pengiriman barang yang paling tepat untuk diterapkan di perusahaan e-commerce serta preferensi strategi pengiriman barang berdasarkan pendapat ahli. Pada hasil akhir, ditemukan bahwa usulan strategi yang berupa tujuan pengiriman barang menjadi ke pick-up points atau loker merupakan strategi pengiriman barang yang mempertimbangkan faktor keberlanjutan yang paling tepat untuk diterapkan di industri e-commerce.

The e-commerce industry is currently growing rapidly in Indonesia and this could lead to increased parcel shipment. At present, parcel shipment in the e-commerce industry is still very focused on profit and has not paid attention to sustainability factors. Therefore, this study aims to obtain the right strategy for parcel shipment in the e-commerce industry by considering sustainability factors.
This study uses the Graph Theoretic Approach (GTA) method to get the most appropriate shipping strategy for an e-commerce company and the shipping strategy preference based on expert opinion. In the final results, it was found that the proposed strategy of using pick-up points or lockers as the shipping destination is the sustainable parcel shipment strategy that is most appropriate to be applied in the e-commerce industry.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Zahra Dimasepta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rdacarries)
Deskripsi Fisik : xii, 41 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-22-15119516 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20490150