ABSTRAK Globalisasi yang menjadi isu besar pada awal milenium ketiga lm membukapeluang yang lebih luas untuk terjadinya perpindahan orang dan barang dan satu tempat ketempat lainnya tanpa hambatan yang berarti Perpindahan lm terjadi dalam rangkapemenuhan kebutuhan yang tidak lagi bersifat domestik, tetapi sudah tenntegrasi secaraglobalPerpindahan lm memerlukan sarana, dan perusahaan transportasi yang menyediakansarana bagi terselenggaranya perpindahan orang dan barang dan satu tempat ke tempatlainnyaPeluang penyelenggaraan jasa tranportasi lm menank banyak pemodal untuk teijunke dalam bisms lm Hal itu mencakup baik berupa angkutan barang maupun orang melaluidarat laut dan udara Banyaknya pemodal yang memasuki bisms lm menimbulkanpersaingan yang tidak nngan dikalangan perusmengembangkan usahanyaortasi untuk dapat bertahan danPT Natabhayu dengan mottonya K< uran, Dediberoperasi pada area Jakarta-Singapura-Portkapal feeder dalam menjalankan operasinya, dan memiliki COC (Camer Own Container)sampai saat lm beijumlah 300 TEUs (Twenty footer Equivalent Umt) dan 100 FEUs (fourtyfooter Equivalent Umt) perusahaan juga memiliki fasilitas pergudangan, konsolidasi sertatransportasi daratnya Perusahaan mempunyai rencana jangka panjang untuk menjadi salahsatu perusahaan pelayaran terkemuka yang melayani pengangkutan barang melalui lautdengan berbagai sarana angkutan laut berupa berbagai jenis kapal angkut yang dibuat sesuai dengan fungsinya Dalam rencana jangka menengahnya, perusahaan berencanauntuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam angkutan peti kemas di AsiaTenggara Rencana ini didasari pengalaman pemsahaan dalam angkutan peti kemas selamamenjadi bagian dan Sea Land inc Namun mengingat kondisi perekonomian negara kitayang saat lm masih mengalami resesi ekonomi yang berkepanjangan, PTNatabhayumemutuskan untuk melaksanakan rencana jangka pendek untuk dapat bertahan dalambisnis transportasi laut berupa menggarap ceruk pasar pengangkutan barang lewat lautdengan menggunakan peti kemas dengan rute Indonesia-Smgapura-Malaysia Dan dalamstudi mi penulis berusaha membahas apa yang telah dilakukan, dan apa yang harusdiperbaiki dalam pelaksanaan operasi jangka pendek PTNatabahyu hal lm didasaripemikiran bahwa pada saat lm kemampuan perusahaan bertahan menghadapi resesiekonomi dan terus berkembang adalah hal terpentang dalam menjaga eksistensi perusahaanPTNatabhayu dalam usaha untuk dapat bertahan dan berkembang dalam usahatransportasi barang terutama, yang menggunakan sarana peti kemas dan diangkut melaluilaut berusaha untuk memenuhi faktosarana peti kemas melalui lautFaktor kunci sukses yang berhasil diidentifikasi pada sektor industri lm dalam studilm yang pertama adalah jaringan pemasaran, yang kedua adalah ragam lini jasa yangdisediakan, yang ketiga adalah sistim informasi dan yang terakhir adalah tersedianyar kunci sukses dalam industri pengangkutan dengansumber daya manusia yang dapat mengaktualisasikan jasa yang disediakan perusahaandengan baikDalam usaha pencapaian kinerja yang baik untuk memenangkan persaingan,perusahaan harus dapat mencapai kondisi kunci sukses usaha dalam operasinya Dalam hal Dengan usaha mengembangkan pola Relationship Marketmg diatas diharapkankekurangan perusahaan dalam hal lini jasa (dalam hal lm rute) dapat diatasi denganmemuaskan konsumennya dengan profesionalisme pelayanan jasa yang ada, berupa COCSOC pelayaran, gudang konsolidasi truckmg dsbDan studi lm dapat disimpulkan bahwa PT Natabhayu yang saat lm baru sajamelakukan reposisi dan agen ekslusif menjadi perusahaan pelayaran independen harusdapat membangun Citranya yang baru Perusahaan juga harus dapat mengatasi kelemahanyang terdapat dalam pola operasinya, dalam usaha memenuhi pencapaian faktor kuncisukses usaha perusahaan harus dapat memperbaiki kekuranganya dalam marketmg dan hmjasaPerusahaan juga disarankan untuk melakukan kegiatan pengumpulan data pasarsecara intensif untuk kemudian mulai memperbaiki database pasarnya, perusahaan jugadisarankan untuk melakukan pengawasan ketat pada pola efisiensi dan efektifitasnya agartetap optimal dan dapat terus berkembang. |