:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Manajemen Lalu Lintas Pada Lokasi Kecelakaan = Traffic Management At Accident Site

Indra Suprihatin; Andyka Kusuma, supervisor; Tri Tjahjono, examiner; Nahry, examiner; Siregar, Aswin Azhar, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda. Selain mengakibatkan korban manusia dan/ kerugian harta benda pada setiap kejadian kecelakaan di jalan raya juga dapat menimbulkan antrian/ kemacetan bagi kendaraan yang melintas pada jalur dan arah yang sama dengan posisi kendaraan yang ada di belakangnya. Sehingga dalam hal ini kejadian kecelakaan memberikan pengaruh yang cukup besar walaupun lokasi dan waktu kejadiaannya tidak selalu sama dan berpindah, tetapi apabila dalam kurun waktu tertentu dan pada radius lokasi kejadian kecelakaan tersebut terjadi berulang maka lokasi tersebut dapat di katagorikan sebagai Blackspot (lokasi rawan kecelakaan). Salah satu dari beberapa kecelakaan adalah kejadian kecelakaan di jalan tol yang di timbulkan adanya faktor penyebab dan karakteristik kecelakaan tersebut. Dalam penelitian ini di bahas tentang manajeman lalu lintas yang optimal untuk dapat mengurangi antrian/ kemacetan pada lokasi kecelakaan, pertama dengan manajemen lalu lintas sesuai SOP Kepolisian, kedua manajeman operasional lapangan petugas Kepolisian dan manajemen keselamatan di lokasi pekerjaan jalan (Workzone) Bina Marga yang disimulasikan dengan menggunakan aplikasi VISSIM. Sebagai parameter pada  penelitian ini adalah panjang antrian, kecepatan pada saat masuk taper, kecepatan pada lokasi kecelakaan, kecepatan setelah melintas lokasi kecelakaan. Dari ketigas manajeman lalu lintas yang cukup optimal adalah manajeman keselamatan di lokasi pekerjaan jalan (Workzone) Bina Marga dengan menggunakan panjang taper 30 meter.


Traffic Accident is an incident on an unexpected and unintentional road involving a vehicle with or without another road user that results in human casualties or loss of property. In addition to causing human casualties and / or property losses at any accident on the highway can also cause queues / congestion for vehicles that cross the same path and direction as the position of the vehicle behind it. So that in this case the incidence of accidents has a considerable influence even though the location and time of occurrence are not always the same and move, but if in a certain period of time and at the radius of the accident occurrence recurs, the location can be categorized as Blackspot . One of several accidents is the occurrence of accidents on toll roads which caused the causes and characteristics of the accident. In this study discussed the optimal traffic management to reduce the queue / congestion at the accident site, first with traffic management in accordance with the Police SOP, both simulated field operational management of Police officers and safety management at the Bina Marga road works site. by using the VISSIM application. As a parameter in this study the queue length, speed at the time of entering the taper, the speed at the location of the accident, the speed after passing the accident site. Of the three optimal traffic management, there is safety management at the Bina Marga road work site using a 30 meter taper length.

 File Digital: 1

Shelf
 T53090-Indra Suprihatin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T53090
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 70 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53090 15-21-250401054 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20490864