:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Program pelatihan mengasuh dengan empati untuk mengembangkan pengetahuan parental empathy ibu-ibu Bhayangkari = Parenting with empathy training to improve parental empathy knowledge among Bhayangkari mothers / Nindia Nahardita

Nindia Nahardita; Puji Lestari Suharso, supervisor; Sri Redatin Retno Pudjiati, examiner; Rose Mini Agoes Salim, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan mengasuh dengan empati dapat meningkatkan pengetahuan parental empathy ibu-ibu Bhayangkari. Penelitian ini berbentuk pelatihan dengan dasar pikiran experiential learning yang diberikan pada sekelompok ibu-ibu Bhayangkari yang memiliki anak usia 3-5 tahun, dan merupakan penelitian dengan one group pretest dan posttest design. Penelitian ini dilakukan sebanyak 10 sesi dalam waktu 4 hari dengan melibatkan partisipan sebanyak 13 orang. Pretest dan posttest diberikan sebelum dan setelah pelatihan dengan instrumen yang mengukur kemampuan parental empathy berdasarkan Eagle dan Bylund Makoul yang dirancang oleh peneliti. Hasil pretest dan post test diuji dengan uji non parametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value 0,003 (<0,05). Hasil ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan mengasuh dengan empati dapat meningkatkan pengetahuan parental empathy ibu. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dikembangkan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan parental empathy.


ABSTRACT

 


This study aims to determine whether the parenting with empathy training can improve parental empathy knowledge among mothers. This study is based on experiential learning, and is a one group pretest and posttest design study. This  study consisted of 10 training session within 4 days. The pretest and posttest instruments that measure parental empathy are designed based on the concept of parental empathy from Eagle and Bylund Makoul. This instruments was created by researchers. The results of the pretest and post test were tested by the non-parametric Wilcoxon Signed Rank test (p.value=0.003<0.05). This result means that there is a significant difference between the value of the pre-test and post. In conclusion, parenting with empathy training can improve parental empathy knowledge for Bhayangkari mothers. For further research, it is necessary to develop training aimed at improving parental empathy skills.

 

 File Digital: 1

Shelf
 T53157-Nindia Nahardita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T53157
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 64 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53157 15-21-347945510 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20490981