:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penguatan Diplomasi Ekonomi Tiongkok Bidang E-commerce di ASEAN melalui ACFTA Upgrading Protocol = Reinforcement of China`s Economic Diplomacy on E-commerce towards ASEAN through ACFTA Upgrading Protocol

Calista Laurinne Nugraha; Lumban Tobing, Fredy Buhama, supervisor; Sondang Anggraeni, examiner; Asra Virgianita, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

Hubungan kerja sama Tiongkok dan ASEAN melalui ASEAN – China Free Trade Area (ACFTA) telah berlangsung selama lebih dari satu dekade. Dalam kerangka kerja sama ini, Tiongkok telah berhasil mendominasi pasar ASEAN bahkan membuat negara-negara ASEAN semakin bergantung pada Tiongkok. Meskipun telah diuntungkan dalam ACFTA, Tiongkok terlihat belum puas dan mencoba untuk memperbaharui kerangka kerja sama ACFTA menjadi ACFTA Upgrading Protocol yang ditandatangani pada 21 November 2015. Pembaharuan ini menambahkan ruang kerja sama baru di bidang e-commerce. Bahkan setelahnya, perusahaan e-commerce multinasional dari Tiongkok seperti Alibaba dan Tencent mulai berekspansi ke wilayah ASEAN, sementara ASEAN bukan merupakan domain e-commerce karena infrastrukturnya seperti kecepatan internet dan jaringan logistik yang belum siap. Studi ini bertujuan untuk menganalisis mengapa Tiongkok menambahkan kerja sama e-commerce dalam ACFTA Upgrading Protocol. Hasil analisis menemukan bahwa perluasan domain kerja sama ACFTA ke sektor e-commerce merupakan strategi diplomasi ekonomi Tiongkok untuk mengukuhkan dominasinya di ASEAN dalam rangka mencapai visi sebagai ‘strong internet power’ (wanglou qiangguo). Visi tersebut termanifestasikan dalam agenda politik Digital Silk Road dan Internet Plus Strategy.

 


Cooperation between China and ASEAN through ASEAN – China Free Trade Area (ACFTA) has been going on for more than a decade. Within this framework of cooperation, China has succeeded in dominating the ASEAN market and has even made ASEAN countries increasingly dependent on China. Even though it has benefited from the ACFTA, China seemed unsatisfied and tried to renew the ACFTA become ACFTA Upgrading Protocol signed on November 21, 2015. This update adds new cooperation on e-commerce.  From then, China’s domestic multinational e-commerce companies such as Alibaba and Tencent began to expand to the ASEAN region, even though ASEAN was not an e-commerce domain due to the lack of infrastructure like internet speed and logistics networks that were not so ready. This study aims to analyse why China added e-commerce cooperation in the ACFTA Upgrading Protocol. The analysis found that the expansion of the domain of ACFTA cooperation into the e-commerce sector was China's diplomacy strategy to strengthen its dominance in ASEAN in order to achieve its vision as 'strong internet power' (wanglou qiangguo). This vision is manifested in the Digital Silk Road and Internet Plus Strategy political agenda.

 

 File Digital: 1

Shelf
 T53268-Calista Laurinne Nugraha.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T53268
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 109 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53268 15-21-549662516 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491201