Tindak tutur menasihati dalam buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek karya Carry Slee = Speech act advising in carry Slees Het Grote Carry Slee Voorleesboek book
Amelia Windy Pratiwi;
Andrea Pradsna Paramita Djarwo, supervisor
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)
|
Dalam buku bacaan anak, pertuturan berimplikasi menasihati banyak ditemukan. Salah satunya seperti pertuturan dalam buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek (2010) karya Slee. Penelitian kualitatif ini menganalisis bentuk menasihati yang terdapat dalam pertuturan lokusioner, ilokusioner dan perlokusioner pada buku Het Grote Carry Slee Voorleesboek karya Slee. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan cara Slee menasihati anak dengan mengidentifikasi tindak tutur lokusioner, ilokusioner dan perlokusioner yang terdapat dalam buku ini. Buku berupa kumpulan cerita ini adalah penghargaan untuk Slee yang telah berkarya lewat tulisannya selama 20 tahun. Dalam penelitian ini digunakan teori pertuturan Austin (1962), sementara untuk memperdalam ilokusi digunakan teori Searle (1975). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Slee menggunakan jenis kalimat pernyataan dan kalimat bermakna implisit. Jenis nasihat yang dominan ditemukan berbentuk petunjuk dengan harapan agar nasihatnya mudah dipahami dan dipatuhi. Slee juga menggunakan kalimat yang tidak menggurui yang menyebabkan pembaca anak dapat lebih menikmati ceritanya. In childrens books, speech act that implicates advice is many to be found. Such as in Het Grote Carry Slee Voorleesboek (2010) written by Slee. This qualitative study analyzes the forms of advising related to locutionary, ilocutionary and perlocutionary in Het Grote Carry Slee Voorleesboek. The purpose of this study is to describe Slees ways of advising by using the locutionary, illocutionary and the perlocutionary perspective. This book is a collection of selected stories and is dedicated for her 20 years of storywriting. This study used Austins theory of speech act (1962), while Searles theory (1975) was used to deepen illocutionary. The results show that Slee used statement as the type of sentences and used sentences with implicit meanings. The type of advice Slee used is in the form of hint, making the advice easy to understand and obey. Slee does not use patronizing tone and this makes her work enjoyable to read. |
MK- Amelia Windy Pratiwi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vi, 21 pages : illustration |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | 11-22-96864590 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491331 |