:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Proses pembentukan identitas dalam komunitas kartu permainan koleksi (trading card game) Yu-Gi-Oh "Osiris Duelist" = Identity formation process in Yu-Gi-Oh trading card game community "Osiris Duelist"

Muhammad Rajib Rakatirta; Inaya Rakhmani, supervisor; Mira Oktaviana Whisnu Wardhani, examiner; Erwin Panigoro, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRACT
Penelitian ini melihat ke dalam pembentukan identitas yang terjadi di "Osiris Duelist", komunitas TCG Yu-Gi-Oh yang berlokasi di Jakarta Selatan. Sebagai permainan yang membutuhkan dua orang atau lebih untuk berinteraksi, permainan kartu seperti Yu-Gi-Oh membutuhkan komunitas dengan individu yang mengidentifikasi diri mereka sebagai "duelist" (istilah yang digunakan untuk pemain Yu-Gi-Oh). Identitas dalam penelitian ini didefinisikan sebagai rangkaian kegiatan dan kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang sebagai individu atau kelompok, yang dipengaruhi oleh narasi transmedia Yu-Gi-Oh, yang menciptakan keunikan yang diproyeksikan dan dilihat oleh individu lain. Dengan teori Interaksionisme Simbolik, bersama dengan etnografi sebagai metode, penelitian ini membahas hubungan antara aktivitas dalam Osiris Duelist dan bagaimana masing-masing aktivitas unik membentuk identitas untuk individu dan kelompok.

ABSTRACT
This research looks into the formation of identity that occurs in "Osiris Duelist", the TCG Yu-Gi-Oh community located in South Jakarta. As a game that requires two or more people to interact, card games like Yu-Gi-Oh require a community with individuals who identify themselves as "duelists" (the term used for Yu-Gi-Oh players). Identity in this study is defined as a series of activities and habits carried out by people as individuals or groups, which are influenced by the Yu-Gi-Oh transmedia narration, which creates uniqueness that is projected and seen by other individuals. With the theory of Symbolic Interactionism, along with ethnography as a method, this study discusses the relationship between activities in Osiris Duelist and how each unique activity forms an identity for individuals and groups.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Rajib Rakatirta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 133 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-171022871 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491344