:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan komitmen donatur muslim terhadap lembaga donasi formal = Antecedents of trust and commitment based on perspective of muslim donors towards formal charitable institution / Iffa Nurafiati Hardiono

Iffa Nurafiati Hardiono; Nurdin Sobari, supervisor; Rifelly Dewi Astuti, examiner; Gita Gayatri, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari Kasri (2013) yang menunjukkan bahwa hanya sepertiga donator muslim yang secara rutin berdonasi melalui lembaga donasi formal, di mana hal ini mengindikasikan bahwa lembaga formal belum mengimplementasikan pemasaran relasional yang tepat untuk mempertahankan kepercayaan dan komitmen para donornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi dan memvalidasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan komitmen para donatur muslim terhadap lembaga donasi formal. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner online yang melibatkan sekitar 190 responden. Penelitian dilakukan dengan Structural Equation Model (LISREL) dan juga analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan komitmen para donator muslim terhadap lembaga donasi formal adalah Perceived Ability, Perceived Benevolence, Shared Values. Sedangkan hubungan trust ke komitmen dimediasi secara parsial oleh Non-Material Benefit. Selain itu, penelitian juga menjabarkan dan menganalisis informasi umum lainnya terkait perilaku dan persepsi donator muslim dalam menyumbang baik ke lembaga formal maupun jalur informal.

ABSTRACT
This study follows-up Kasri (2013) that shows more than sixty percent of the Muslim people in Indonesia donates through informal charitable distribution channel. This indicates that formal charitable institutions have not implemented the proper relationship marketing framework to maintain trust and commitment of its donors. Hence, this paper aims to elaborate and provide validation on the drivers of trust and commitment of Muslim donors to the formal charitable organizations The study was performed with quantitative approach using online questionnaire involving about 190 respondents. The analysis was conducted with Structural Equation Model and also descriptive analysis. The study resulted that factors the drivers of trust and commitment of Muslim donors to formal charitable organizations were confirmed as Perceived Ability, Perceived Benevolence and Shared Values Moreover, the relationship between trust and commitmen is mpartially mediated by Non-Material Benefit. In addition, the paper also describes the other general information related to Muslim donor`s behavior and perception.

 File Digital: 1

Shelf
 T53294-Iffa Nurafiati Hardiono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T53294
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 93 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T53294 15-20-375978592 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20491510