Ansietas pembedahan merupakan salah satu komponen utama krisis yang di hadapi anak di rumah sakit. Ansietas pembedahan menyebabkan anak tidak koperatif pada saat preoperatif sehingga menyebabkan lama rawat menahun, biaya perawatan kesehatan meningkat, dan keterlambatan memasuki ruang operasi. Hasil uji klinis menunjukan bermain terapeutik: boneka memberikan efek positif dalam mengatasi ansietas pembedahan. Studi ini bertujuan untuk melihat efektivitas bermain terapeutik: boneka pada anak prasekolah dalam mengurangi ansietas pembedahan dengan menggunakan studi kasus. Studi ini menggunakan dua instrumen yaitu CFS untuk melihat skor ketakutan anak dan MYPAS-SF untuk melihat ansietas preoperatif anak. Hasil CFS didapatkan kedua klien mengalami penurunan skor ketakutan setelah diberikan intervensi. Selain itu, hasil MYPAS-SF kedua klien menunjukan klien tidak ansietas, MYPAS-SF = 29,92. Hasil studi didapatkan bahwa bermain terapeutik: boneka dapat menurunkan kecemasan dan ketakutan pada anak prasekolah preoperatif. Surgical anxiety is one of the main components of the crisis faced by children in hospitals. Surgical anxiety causes the child to be uncooperative when preoperative resulting in prolonged stays in recovery, increases in health care costs, and delays entering the operating room. Clinical test results show therapeutic play: dolls have a positive effect in overcoming surgical anxiety. This study aims to look at the effectiveness of therapeutic play: dolls in preschool children in reducing surgical anxiety by using case studies. This study uses two instruments, namely CFS to see the childs fear score and MYPAS-SF to see childs preoperative anxiety. The CFS results showed that both clients experienced a decrease in fear scores after being given an intervention. In addition, the results of the MYPAS-SF both clients show clients are not anxiety, MYPAS-SF = 29.92. The results of the study found that therapeutic play: dolls can reduce anxiety and fear in preoperative preschoolers. |