Epilepsi merupakan serangan sesaat yang disebabkan oleh aktivitas neuronal yang berlebihan dan menghasilkan infuls listrik yang tidak normal. Epilepsi memberikan dampak terhadap beberapa aspek, yaitu aspek kesehatan fisik, aspek psikologis, aspek sosial, dan aspek lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi manajemen epilepsi terhadap perubahan kualitas hidup pasien. Metode penelitian ini adalah quasy eksperiment. Sebanyak 86 pasien epilepsi yang melakukan kunjungan ke poliklinik saraf RS. Haji Jakarta yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara edukasi manajemen epilepsi dibandingkan edukasi epilepsi standar rumah sakit dalam meningkatkan kualitas hidup epilepsi (p=0,035). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup pasien epilepsi adalah tingkat pendidikan (p=0,001), pekerjaan (p=0,003), dan frekuensi bangkitan (p=0,022). Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor yang paling dominan berhubungan dengan kualitas hidup pasien epilepsi adalah tingkat pendidikan (p=0,000; R=0,520; R2 =0,270). Penelitian ini diharapkan dapat menjadikan video edukasi manajemen epilepsi sebagai standar intervensi asuhan keperawatan pada pasien dengan epilepsi. Epilepsy is a transient occurrence of signs or symptoms caused by abnormal neuronal activity or abnormal synchronization in the brain. The existence of epilepsy will have an impact on several aspects of life, namely the medical aspects, psychological aspects, social aspects, and environmental aspects. This impact will affect changes in the quality of life. The aim of this study was to determine the effect of epilepsy management education on changes in the quality of life of epilepsy patients. This study was a quasy experiment method. A total of 86 epilepsy patients who visited the nerve polyclinic Jakarta Haji Hospital were selected by purposive sampling technique. The results showed that there was a significant effect between epilepsy management education compared to hospital standard epilepsy education in improving the quality of life of epilepsy (p = 0.035). Factors related to the quality of life of epilepsy patients were the level of education (p = 0.001), employment (p = 0.003), and frequency of seizures (p = 0.022). The results of multivariate analysis showed that the most dominant factor related to the quality of life of epilepsy patients was the level of education (p = 0,000; R = 0,520; R2 = 0,270). This study is expected to make epilepsy management education videos the standard of nursing care interventions in patients with epilepsy. |