:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Apakah Menjadi Baik Lebih Menguntungkan? Performa Perusahaan Hijau di Indonesia tahun 2009-2018 = Does It Pay to be Good? Performance of Indonesian Green Companies from 2009-2018

Ega Annisa Rizti; Berly Martawardaya, supervisor; Tika Arundina Aswin, examiner; Samosir, Omas Bulan, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Apakah keberlanjutan perusahaan memberikan lebih banyak insentif bagi perusahaan yang menjalankannya? Di Indonesia, indeks saham Investasi Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab (Indeks SRI KEHATI) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membantu investor yang peduli lingkungan dengan menerbitkan daftar 25 perusahaan publik di Indonesia yang mematuhi etika bisnis internasional. Penelitian ini ingin membandingkan kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI KEHATI dan yang tidak terdaftar pada periode Januari 2009-Desember 2018 dengan cara memprediksi harga pembukaan saham, membandingkan kinerja Indeks SRI KEHATI dengan indeks pasar JKSE dan membandingkan keuangan kinerja menggunakan variabel dependen ROA. dan ROE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencatatan perusahaan di Indeks SRI KEHATI tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga pembukaan saham di periode mendatang. Indeks SRI KEHATI juga terbukti lebih fluktuatif dibandingkan indeks pasar. Namun, Indeks SRI KEHATI yang tercantum dalam Indeks berpengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE meskipun selisihnya kecil. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan perusahaan berkelanjutan di Indonesia dengan yang tidak. Namun penelitian ini mendorong perusahaan untuk mendaftarkan diri untuk dimasukkan ke dalam indeks karena terdapat keunggulan kompetitif dan investor untuk berinvestasi di indeks tersebut.

ABSTRACT
Does corporate sustainability provide more incentives for the companies that run them? In Indonesia, the Sustainable and Responsible Investment stock index (SRI KEHATI Index) aims to raise public awareness and help investors who care about the environment by publishing a list of 25 public companies in Indonesia that comply with international business ethics. This study wants to compare the financial performance of companies listed on the SRI KEHATI Index and those not listed in the January 2009-December 2018 period by predicting stock opening prices, comparing the performance of the SRI KEHATI Index with the JKSE market index and comparing financial performance using the dependent variable ROA. and ROE. The results of this study indicate that the company listing on the SRI KEHATI Index does not have a significant effect on the stock opening price in the coming period. The SRI KEHATI index has also proven to be more volatile than the market index. However, the SRI KEHATI Index listed in the Index has a significant effect on ROA and ROE even though the difference is small. Thus, there is no significant difference between the financial performance of sustainable companies in Indonesia and those that are not. However, this research encourages companies to register themselves to be included in the index because there are competitive advantages and investors to invest in the index.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ega Annisa Rizti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 85 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-21-590958749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20492191