Penelitian ini akan menjelaskan dan merkonstruksi bagaimana pemberitaan media massa olahraga Marca dalam menyuarakan kemerdekaan Catalan sesuai dengan sikap politik pemerintah Spanyol. Dengan menggunakan analisis wacana kritis penelitian ini membongkar pesan dibalik teks-teks yang dimunculkan oleh Marca sebagai media massa olahraga dalam pemberitaan mereka terkait isu kemerdekaan wilayah Catalan, serta referendum yang terjadi pada 1 Oktober 2017. Bagaimana pemberitaan yang muncul di media massa olahraga Marca dipengaruhi juga oleh keadaan serta situasi yang terjadi di Spanyol. Dalam penelitian ini konsep spin doctor dan teori normatif media social responsibility digunakan untuk mengamati faktor-faktor yang kemudian membuat Marca sebagai media massa olahraga justru menyuarakan sikap politik pemerintahan Spanyol terkait isu kemerdekaan wilayah Catalan. Temuan dalam penelitian ini adalah bagaimana Marca sebagai media massa olahraga digunakan oleh pemerintah Spanyol untuk menyuarakan perspektif pemerintah terkait isu kemerdekaan wilayah Catalandan Mengapa Marca mengambil posisi sebagai spin doctor pemerintah Spanyol terkait kemerdekaan Catalan, serta faktor-faktor pendorong, dan bagaimana spin doctor tersebut dilakukan.
This research will reconstruct how the news of Marca`s sports media in voicing Catalan independence in accordance with the political attitude of the Spanish government. By using critical discourse analysis, this study uncovers the message behind the texts that Marca raised as sports mass media in their reporting on issues of independence of the Catalan region, as well as the referendum that occurred on October 1, 2017. How the news that appeared in the Marca sports media was influenced too by the circumstances and situation that occurred in Spain. In this study the concept of spin doctor and normative theory of social media is used to observe the factors that later made Marca as a sports media to voice the political attitude of the Spanish government regarding the issue of independence of the Catalan region. The findings in this study are how Marca as a sports mass media was used by the Spanish government to voice government perspectives regarding the issue of independence in the Catalan region. |