Deskripsi Lengkap

Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text (rdacontent)
Tipe Media : computer (rdamedia)
Tipe Carrier : online resource (rdacarrier)
Deskripsi Fisik : viii, 44 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Ketersediaan
  •  File Digital: 1
  •  Ulasan
  •  Sampul
  •  Abstrak
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-21-563014551 TERSEDIA
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20493138
 Abstrak
ABSTRAK
Resep masakan yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki perbedaan ragam bahasa yang digunakan karena faktor usia yang berbeda. Penelitian ini akan membandingkan jenis kalimat dan tampilan resep bekal makan siang anak yang ditujukan untuk anak www.ah.nl/allerhandekids/ dan dewasa www.leukerecepten.nl/ . Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori jenis kalimat menurut Geerts, dkk. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah jenis kalimat yang dipergunakan serta bagaimanakah tampilan resep bekal makan siang anak yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa di dalam kedua situs web. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis kalimat dan struktur kalimat yang terdapat dalam langkah-langkah memasak, serta memaparkan ciri-ciri tampilan resep masakan di dalam resep digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa resep bekal makan siang untuk anak menggunakan tiga jenis kalimat yaitu kalimat pernyataan, pertanyaan dan imperatif, sedangkan untuk dewasa dipergunakan kalimat pernyataan dan imperatif. Kalimat majemuk pada resep anak jarang ditemukan dibandingkan pada resep bekal makan siang orang dewasa. Pada resep anak ditemukan adanya diminutif. Perbedaan dan persamaan pada tampilan resep masakan dalam situs web, terlihat pada bentuk laman; tema latar laman; warna tulisan dan animasi.
ABSTRACT
Food recipes for children and adults have several differences in the use of language variety because of the age factor. This study compares the types of sentences and the visualization of the digital children lunchs recipes, written for children www.ah.nl/allerhandekids/ and adults www.leukerecepten.nl/. This research uses the qualitative-descriptive method and Geerts, et.al theory of sentence types. The research questions focus on how the childrens lunch box recipes are being presented in types of sentences and visualized in the two websites. This study aims to describe the types and structure of sentences, written in the cooking steps, and also the characteristics of the visualization of the digital recipes. The results show that digital lunch box recipes for children are using three types of sentences: statements, questions, and imperative sentences, and for adults, the statements and imperative sentences. Compound sentences are rarely found in the digital childrens lunch box recipes, compared to adults lunch box recipes. In the digital recipes for children, diminutives are also to be found. The differences and similarities visualization of the digital recipes, are based on the web.