Analisis film tekstual: representasi superioritas dan dominasi kekuatan Inggris pada pasukan aliansi dalam konteks perang dunia kedua dalam Dunkirk (2017) = A Textual film analysis: the representation of British power domination and superiority within allied force in The Context of World War II in Dunkirk (2017)
Muhammad Affan Taufiqulhakim Johardian;
Iswahyudi, supervisor; Susilastuti Sunarya, examiner; Junaidi, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)
|
Representasi hegemoni dominasi kekuatan Inggris pada perang dunia kedua dapat direpresentasikan melalui teks-teks budaya populer seperti film perang Hollywood, Dunkirk (2017). Membahas film Dunkirk (2017) dengan buku yang berjudul Film as Social Practice oleh Graemer Turner dan buku Film Art Textual film analysis oleh David Bordwell dan Kristin Thompson sebagai kerangka pada penelitian ini, esai ini membuktikan bahwa ada beberapa pesan-pesan ideologi tertentu sebagaimana film tersebut memperlihatkan bendera Inggris dan Insignia sebagai lambang nasional dari tantara Inggris, bagaimana film tersebut menunjukkan superioritas tantara Inggris melebihi tantara Perancis, dan bagaimana representasi ambiguitas antara hirarki tentara Inggris dihasilkan dalam film ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa memori Dunkirk digambarkan sebagai serangkaian aksi heroik pada layar lebar dan secara implisit mengabadikan supremasi dari kekuatan Inggris melalui elemen-elemen sinematografi pada Dunkirk (2017). Selain itu, dengan memasukkan kepercayaan ideologi berupa hegemoni kekuatan Inggris ke dalam budaya populer, Christopher Nolan bermaksud untuk menampilkan sejarah dari peristiwa Dunkirk menurut versi negaranya. The representation of Hegemony of British power domination in World War II can berepresented through popular culture texts such as Hollywood war movies, Dunkirk (2017).Examining Dunkirk (2017) with Graeme Turners book titled Film as Social Practice andDavid Bordwell and Kristin Thompson books Film Art textual film analysis as theframeworks of this research, this essay argues that there are some particular ideologicalmessages, such as how the film displays the British flag and insignia as the national symbol ofBritish army, how it shows British armys superiority over the French soldier, and how theambiguity between British soldiers hierarchy representation is generated in the film. Thisresearch shows that the memory of Dunkirk is portrayed as a series of heroic actions on thescreen and implicitly perpetuates the British power supremacy through cinematographyelements in Dunkirk (2017). Moreover, by inserting ideological belief such as hegemony ofBritish power into popular culture, Christopher Nolan intends to show the history of Dunkirkaccording to his own countrys version. |
TA-muhammad affan taufiqulhakim johardian.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | TA-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda; |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 19 pages ; illustration ; 28 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-pdf | 16-20-009986274 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20493616 |