Saat ini, pencarian informasi tidak terbatas pada media cetak maupun siaran berita televisi. Informasi dapat diperoleh melalui media sosial, seperti Instagram. Dari berbagai macam jenis informasi yang beredar di Instagram, berita seputar selebriti dan hiburan menjadi salah satu di antaranya. Berdasarkan fenomena ini, penulis mencari tahu bagaimana akun berita selebriti dan hiburan di Instagram mengaplikasikan teknik pragmatik dalam penyajian konten berita dan bagaimana teknik ini mempengaruhi citra merek akun tersebut. Akun Instagram E News dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini sebab akun ini merupakan akun berita selebriti dan hiburan asal Amerika yang memiliki pengikut paling banyak di Instagram. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data tekstual berupa keterangan gambar. Sebanyak 36 keterangan gambar dari akun Instagram E News diambil sebagai sampel dan dianalisis menggunakan kerangka teori yang dikembangkan oleh Al-Hindawi & Metley (2017). Kerangka ini digunakan dalam artikel mereka tentang analisis pragmatik pada berita selebriti dan hiburan berbasis situs web di Amerika dan Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kasus E News, teknik pragmatik berupa presupposition, Grice’s conversational maxims, dan allusion masing-masing memegang peran penting dalam membentuk konten berita, menarik minat pengikut, dan menciptakan citra merek yang modern. Instagram has been the main platform for real-time information seeking for the last five years. The kind of information that people look for includes entertainment news. The present study wants to examine the way an entertainment news account presents its news content using different pragmatic techniques and how these techniques affect its brand image because minor attention has been paid to purpose-oriented accounts. To fulfill the aim, there are two research problems that are addressed: (1) what are the most common pragmatic techniques used in the caption? And (2) what significance does each technique have in presenting the news and shaping the brand image? Therefore, 36 sample captions from E News Instagram account, as the most followed entertainment news account on Instagram, are taken, observed, and analyzed using a framework developed by Al-Hindawi & Metley (2017) in their article about pragmatic analysis on American and British website-based entertainment news that focuses on three pragmatic pillars which are presupposition, Grice’s conversational maxims, and allusion. The study found that in the case of E News, presupposition, violation to Grice’s conversational maxims, and allusion are not merely used to keep the content interesting, but they respectively hold important roles in shaping the content of the news, engaging audience’s interest, and creating a good brand image. |