Full Description

Physical Description 25 pages : ilustration
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
MK-pdf 11-22-01829245 TERSEDIA
No review available for this collection: 20494148
 Abstract
Pergeseran hijrah menjadi sebuah tren menjadikannya tidak lagi dimaknai sebagai sesuatu yang religius, melainkan sebagai objek komoditas yang diikuti oleh maraknya konsumsi terhadapnya. Menurut Baudrillard, komoditas bukan hanya objek yang di dalamnya terdapat nilai guna untuk pertukaran, melainkan sebagai komoditas tanda. Hal tersebut menandakan bahwa adanya kedok agama yang digunakan sebagai tanda untuk membuat seseorang mengonsumsi. Tanda-tanda tersebut yang membuat seseorang memberikan diferensiasi terhadap orang lain dan untuk mencapai status sosial tertentu. Selain itu, peran dari media massa seperti media sosial dan iklan yang meggunakan tubuh sebaga objek menjadi salah satu penunjang untuk mewujudkan masyarakat yang konsumtif tersebut. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode teori kritis yang berusaha menembus realitas sosial sebagai fakta sosiologis untuk menemukan kondisi yang melampaui data empiris. Data-data empiris tersebut didapat dari cara meneliti mengenai tren hijrah tersebut melalui media sosial, berita, dan beberapa penelitian terdahulu serta dalam penelitian ini penulis mencoba melihat kondisi dibalik fenomena tren hijrah tersebut. Penelitian ini membuktikan bahwa di dalam tren hijrah ini, tanda yang berkedok agama tersebutlah yang menjadikan konsumen membuat diferensiasi antara dirinya dengan orang lain dan juga untuk mencapai status sosial tertentu. ...... The shift of hijrah to become a trend mean that it does not interpreted as religious practice anymore, but as an object for commodity that being support by huge demand for its consumption. According to Baudrillard, commodity is not only an object that has function-value inside of it, however as a commodity of sign. This indicates the religious' veil used as a sign to become ones consumption. These sign cause a person give differentiation toward the others and to reach certain social status. Moreover, the role of mass media, such as social media and advertising that used body as an object to become one of its pillar for realizing this consumptive society. In conducting the research, I use Critical Theory as my method to penetrate social reality as sociological fact to find condition beyond the empirical data. These empirical data is obtained by way of research about hijrah as a trend through social media, news, and few previous researchs and in this study, I try to look for the condition behind these phenomenon of hijrah as a trend. This research shows thst in hijrah trend, sign that veiled behind religio. Is the cause of consumers act to differentiate certain social status between oneself and the others