Peningkatan kualitas pendidikan tinggi Tiongkok: Proyek 211 dan Proyek 985 sebagai program strategis = Developing the quality of Chinese higher education: 211 Projects and 985 Projects as strategic programs
Safira Iswari Putri;
Priyanto Wibowo, supervisor; Iwan Fridolin, examiner; R. Tuty Nur Mutia, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019)
|
Pencapaian Tiongkok sebagai kekuatan baru dalam perekonomian dunia tidak lepas darikeberhasilan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Pendidikan adalah hal fundamental yangsangat penting dalam perkembangan suatu negara. Semakin baik sistem pendidikan yangditerapkan, semakin baik pula sumber daya manusia yang dihasilkan. Tiongkok perlusistem pendidikan yang baik dan kokoh untuk menghadapi tantangan dunia internasionaldi abad 21. Pada era kontemporer pasca-Mao Zedong, pemerintah Tiongkok telahmelakukan banyak reformasi dalam bidang pendidikan, khususnya pada tingkatpendidikan tinggi. Pada era Deng Xiaoping, pendidikan dipandang sebagai alat yangpenting untuk mencapai modernisasi ekonomi. Proyek 211 dan Proyek 985 dicetuskanpada era kepemimpinan Jiang Zemin. Kedua proyek tersebut merupakan peloporpesatnya perkembangan pendidikan tinggi di Tiongkok. Hal ini disebabkan Proyek 211dan Proyek 985 bertujuan untuk menjadikan perguruan tinggi di Tiongkok sebagaiUniversitas Kelas Dunia. Kedua proyek ini merupakan salah satu faktor kunci yangberhasil mengantarkan beberapa perguruan tinggi Tiongkok meraih posisi dalampemeringkatan 100 besar universitas terbaik dunia dan menyamai kedudukan berbagaiuniversitas bergengsi dunia. Tugas akhir ini menggunakan pendekatan historis untukmenjelaskan dan menganalisis proses Proyek 211 dan Proyek 985, prestasi yang dicapaioleh universitas 211 dan 985, serta pengaruh Proyek 211 dan Proyek 985 dalammeningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Tiongkok. The achievement of the Peoples Republic of China as a new power in the economicworld cannot be separated from the successful implementation of its education policy.Education is a fundamental thing that is very important in the development of a country.The better the education system which it implements, the better the human resources itwill produce. China needs a stable and solid education system to face global obstacles inthe 21st century. In the post-Mao Zedong contemporary era, the Chinese government hadcarried out many reforms for education, especially in higher education. In DengXiaopings reign, education was seen as an important device to achieve economicmodernization. The 211 and 985 Projects were initiated in Jiang Zemins reign. Bothprojects are the pioneers for the rapid development of higher education in China. This isdue to the 211 and 985 Projects goal to transform universities in China to be World ClassUniversity. These projects are one of the keys that successfully led several universities inChina to gain someplace in the top 100 rankings of the world's best universities. ThoseChina universities also can be compared with various prestigious universities in the world.The research of this final project carried out through the historical approach to explainand analyze the processes of Project 211 and Project 985, achievements that have beenachieved by 211 and 985 universities, and the impact of the 211 Project and 985 Projectin developing the quality of higher education in China. |
MK-Safira Iswari Putri.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 40 pages : illustration |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | 11-22-61695100 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494274 |