:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis asuhan keperawatan kesehatan masyarakat perkotaan pada klien sirosis hepatis dan intervensi managemen cairan = Analysis of nursing process of urban health in cirrhosis hepatic patient and fluid management

Widina Mathilda; Tuti Afriani, supervisor; Masfuri, examiner; Euis Trisriyarti, examiner ([Publisher not identified] , 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Manajemen cairan merupakan salah satu intervensi yang dilakukan pada pasien sirosis hepatis dengan komplikasi asites dan edema. Asites dan edema terjadi karena retensi natrium dan cairan akibat peningkatan sistem portal dan rusaknya fungsi hepatosit untuk produksi albumin. Tujuan penulisan ini adalah menggambarkan intervensi & analisis yang dilakukan pada pasien sirosis hepatis dengan metode studi kasus melalui pendekatan asuhan keperawatan. Pengaturan cairan, penggunaan diuretik, dan makanan yang tinggi asam amino diharapkan dapat mengurangi asites dan edema. Hasil yang ditemukan dalam studi kasus ini adalah asites dan edema pada klien selama dirawat di RSUP dr. Cipto Mangunkusumo berkurang yang ditandai dengan derajat edema berkurang dari derajat 4 menjadi 3 dan pengukuran asites dari lingkar perut tidak bertambah meskipun tidak terjadi penurunan yang signifikan. Oleh karena itu, peran perawat dalam memantau manajemen asites dan edema sangat penting untuk dilakukan agar lama perawatan tidak memanjang. Bekerja sama dengan keluarga dalam pengukuran minuman yang diminum pasien dan menimbang popok setiap diganti sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
Fluid management is one of the interventions carried out in patients with cirrhosis hepatic with complications of ascites and edema. Ascites and edema occur due to sodium and fluid retention due to an increase in the portal system and damage to hepatocyte function for albumin production. The purpose of this paper is to describe the intervention & analysis carried out in patients with hepatic cirrhosis with a case study method through a nursing care approach. Fluid management, use of diuretics, and foods high in amino acids are expected to reduce ascites and edema. The results found in this case study are ascites and edema in the client while being treated at RSUP dr. Cipto Mangunkusumo decreases which is characterized by the degree of edema decreasing from degree 4 to 3 and measurement of ascites from the abdominal circumference does not increase even though there is no significant decrease. Therefore, the role of nurses in monitoring management of ascites and edema is very important to do so that the length of treatment does not extend. Family involvement in drink measurement and weighing each diaper are recommended for further research.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-pdf-Widina Mathilda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 80 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-21-737159204 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494443