Full Description

Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 20883978
Magazine/Journal : Jurnal Teknodik
Volume : Vol. 22, No. 2, Desember 2018: Hal. 111-120
Content Type : text (rdacontent)
Media Type : unmediated (rda media)
Carrier Type : volume (rdacarrier)
Electronic Access : https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/310
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 0
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
600 TEKNODIK 22:2 (2018) 03-19-136366558 TERSEDIA
No review available for this collection: 20494769
 Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.