Efektivitas pembelajaran fisika SMA berbasis media easy java simulation
Nopi Melani;
(usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018)
|
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa. |
No. Panggil : | 600 TEKNODIK 22:2 (2018) |
Entri utama-Nama orang : | |
Penerbitan : | Jakarta: usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018 |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
ISSN : | 20883978 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Teknodik |
Volume : | Vol. 22, No. 2, Desember 2018: Hal. 111-120 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated (rda media) |
Tipe Carrier : | volume |
Akses Elektronik : | https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/310 |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
600 TEKNODIK 22:2 (2018) | 03-19-136366558 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494769 |