:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Efektivitas pembelajaran fisika SMA berbasis media easy java simulation

Nopi Melani; (usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018)

 Abstrak

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efektivitas belajar siswa melalui suatu program simulasi, yaitu Easy Java Simulation (EJS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada tahun akademik 2015/2016 di SMA Cakra Buana dengan jumlah responden sebanyak 20 siswa kelas MIPA. Pada penelitian ini, siswa memanfaatkan program Easy Java Simulation untuk meningkatkan efektivitas dalam belajar fisika pada pokok pembahasan lensa. Siswa mempelajari simulasi lensa secara visual di komputer dengan bantuan tools program Easy Java Simulation di mana program ini membantu siswa dalam pengembangan pokok bahasan lensa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus ke II rata-rata siswa yang aktif meningkat menjadi sebesar 67.5% dan yang tidak aktif sebesar 26.3%. Dengan demikian, pemanfaatan program EJS dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.

 Metadata

No. Panggil : 600 TEKNODIK 22:2 (2018)
Entri utama-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20883978
Majalah/Jurnal : Jurnal Teknodik
Volume : Vol. 22, No. 2, Desember 2018: Hal. 111-120
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rda media)
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/310
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
600 TEKNODIK 22:2 (2018) 03-19-136366558 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494769