Urban form and transport consumption in Indonesia = Struktur wilayah dan konsumsi transportasi Indonesia
Rifi Fazrina Djuuna;
Muhammad Halley Yudhistira, supervisor; Khoirunurrofik, examiner; Nurkholis, examiner
(Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)
|
Transport consumption has rapidly increased in conjunction with urban expansion. It is widely claimed through compact city hypothesis that individuals transport consumption could be more efficient as urban form changes. However, this evidence only seemed to work for the case of developed countries. This paper would like to investigate the relationship between urban form and transport consumption in developing country, particularly Indonesia. In general, this study suggests that compact city hypothesis is rejected for the case of Indonesia, because transport consumption tend to increase as population density grew. Specifically, due to endogeneity of urban form, this research relies on IV TSLS analysis to obtain unbiased estimates. Main IV TSLS results verify that the correlation between urban form and transport consumption tend to form U-shaped relationship–after reaching a certain point, transport consumption tend to increase as population density grew. Konsumsi transportasi meningkat cukup tinggi sejalan dengan ekspasi wilayah perkotaan. Berdasar compact city hypothesis, konsumsi transportasi individu seharusnya menjadi lebih efisien saat struktur wilayah perkotaan berubah. Namun, hipotesis ini hanya berpengaruh pada kasus negara-negara maju. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi di negara berkembang, khususnya Indonesia. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa compact city hypothesis tidak terjadi pada kasus Indonesia, sebab konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk meningkat. Secara spesifik, akibat adanya endegenitas bentuk wilayah perkotaan, penelitian ini menggunakan analisis IV TSLS dalam memperoleh hasil yang tidak bias. Hasil utama IV TSLS menunjukkan bahwa korelasi antara bentuk wilayah perkotaan dan konsumsi transportasi cenderung berbentuk U–setelah mencapai titik tertentu, konsumsi transportasi cenderung meningkat saat kepadatan penduduk bertambah. |
T52805-Rifi Fazrina Djuuna.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T52805 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | eng |
Sumber Pengatalogan : | LibUI eng rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 34 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T52805 | 15-21-301970928 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20494921 |