:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis niat masyarakat menggunakan Instagram untuk berpartisipasi pada layanan publik: Studi Kasus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan = Analysis of Citizen Intention Using Instagram to Participate in Public Services: Case Study of The Ministry of Education and Culture

Aline Rogeleonick; Betty Purwandari, supervisor; Riri Satria, supervisor; Rizal Fathoni Aji, examiner; Gladhi Guarddin, examiner (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK
Penggunaan internet untuk media sosial semakin bertambah setiap tahunnya baik di seluruh dunia maupun di Indonesia secara khusus. Pertumbuhan tersebut tidak serta merta diiringi oleh pemanfaatannya dalam urusan partisipasi pada layanan yang disediakan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi niat masyarakat menggunakan Instagram untuk berpartisipasi pada layanan Kemendikbud. Pendekatan yang digunakan adalah dengan menggabungkan dua teori, yaitu Technology Acceptance Model (TAM) dan Uses and Gratifications Theory (UGT). Dari dua teori tersebut ditetapkan delapan variabel penelitian dengan 30 indikator yang disusun dalam kuesioner dan disebarkan kepada 527 responden. Hasil pengisian kuesioner diolah dengan teknik SEM dengan menggunakan bantuan alat SmartPLS3. Hasilnya, lima dari delapan faktor yang diduga berpengaruh, diterima. Sedangkan tiga lainnya ditolak. Lima faktor tersebut adalah persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan yang berpengaruh pada sikap menggunakan Instagram @kemdikbud.ri; sikap dalam menggunakan Instagram, interaksi sosial, dan kebutuhan informasi yang berpengaruh positif terhadap niat menggunakan Instagram untuk berpartisipasi dalam layanan Kemendikbud.

ABSTRACT
The use of the internet for social media is increasing every year both in the world and in Indonesia in particular. This growth is not necessarily accompanied by its use in matters of participation in services provided by the government. This study aims to determine what factors influence people's intention to use Instagram to participate in the Ministry of Education and Culture's services. The approach used is by combining two theories, namely Technology Acceptance Model (TAM) and Uses and Gratification Theory (UGT). Of the two theories, eight research variables were established with 30 indicators compiled in the questionnaire and distributed to 527 respondents. The results of filling out the questionnaire were processed with SEM techniques using the help of the SmartPLS3 tool. The result, five of the eight factors that were thought to be influential, were accepted. While the other three were rejected. These five factors are perceived of ease of use and perceived usefulness that influence the attitude towards using Instagram @kemdikbud.ri; attitude towards using Instagram @kemdikbud.ri, social interaction, and information acquired that have a positive influence on the intention to use Instagram for citizen participation on the Ministry of Education and Culture services.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Aline Rogeleonick.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 125 pages : illustration ; appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-21-924876241 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495091