:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis variabel dominan penyebab keterlambatan pekerjaan berbasis proyek pada PT. XYZ = Analysis of dominant causative variable for project-based work delay at PT. XYZ

Hutomo Kusmarnadi Broto; Harahap, Muslim Efendi, supervisor; Nofrisel, examiner; Arviansyah, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

Keterlambatan dalam penyelesaian proyek merupakan masalah yang umum dan kerap terjadi untuk pekerjaan berbasis proyek pada PT. XYZ. Penelitian ini melakukan analisis terhadap apa saja variabel yang menjadi penyebab dominan dalam terlambatnya pekerjaan berbasis proyek tersebut. Data diambil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan kemudian dilakukan analisis sesuai dengan kondisi aktual yang ada pada PT. XYZ (perusahaan EPC). Penelitian dilakukan dengan menggunakan survey yang menghasilkan rasio risiko tiap-tiap variabel risiko. Setelah survey dilakukan, data primer (indeks rasio risiko) diuji apakah data yang diambil valid dan dapat diandalkan menggunakan metode principal component analysis dan Cronbach’s Alpha. Data yang tidak valid dan tidak dapat diandalkan kemudian dibuang dari data primer dan kemudian analisis lebih lanjut dilakukan untuk variabel yang masih tersisa untuk menentukan peringkat dari risiko tersebut yang kemudian akan didapatkan variabel penyebab yang dominan untuk dilakukan analisis untuk didapatkan bagaimana cara pengelolaannya. Hasil dari penelitian ini adalah menjadi sebuah tolok ukur performa atau kinerja perusahaan serta menjadi sebuah aksi preventif dasar yang bisa dilakukan oleh PT. XYZ atau perusahaan lainnya yang sejenis.

Project delays are common problem for project-based work at PT. XYZ. This paper analyzes which variables that become dominant for causing project-based works delay. Variables data are collected from previous study and analyzed based on actual case study at PT. XYZ (EPC company). The research conducted using questionnaire survey that results index risk ratio for each risk variable. After survey conducted, primary data (index risk ratio) were tested for reliability and validity using principal component analysis (PCA) and Cronbachs Alpha method. Invalid and unreliable data removed from primary data and further analysis to determine rank of causative variable. The dominant causative variables then analyzed to identify how to manage them. The output of this paper will become a performance measurement and as a basic preventive action that can be applied at PT. XYZ or another company in common.

 File Digital: 1

Shelf
 T54052-Hutomo Kusmarnadi Broto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T54052
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 55 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T54052 15-21-459038727 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495289