:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Ekspresi bentuk klimatik tropis arsitektur tradisional nusantara dalam regionalisme = Tropic climate form of nusantara traditional architecture expression in regionalism

Yuri Hermawan Prasetyo, Sri Astuti (Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2017)

 Abstrak

Kehandalan arsitektur tradisional Nusantara dalam merespon iklim sudah banyak teruji melalui beberapa penelitian terkait dengan penciptaan performa lingkungan ruang dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ekspresi klimatik yang tercermin pada bentuk elemen arsitektur tradisional Nusantara sebagai akibat dari respon iklim makro tropis lembab. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan kompilasi tipologi arsitektur tradisional di beberapa wilayah di Indonesia. Hasil kompilasi dikaitkan dengan sistem klasifikasi iklim dari Koppen dengan menganalisis perilaku beberapa variabel iklim seperti radiasi matahari, suhu, angin, dan curah hujan.
Hasil penelitian ini adalah interpretasi bentuk-bentuk elemen geometris yang terdapat pada selubung bangunan sebagai bentuk respon iklim mikro dan makro yang melekat pada selubung bangunan arsitektur tradisional Nusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi iklim makro tidak memberikan korelasi yang kuat dengan bentuk rumah tradisional Nusantara. Bentuk arsitektur lebih dipengaruhi oleh iklim mikro, terutama bentuk atap rumah tradisional yang memiliki peran dominan dalam beradaptasi dengan iklim, berupa ekspresi kecuraman atap. Secara anatomi, atap sebagai representasi kepala memberikan dimensi yang lebih besar dibandingkan badan dan kaki. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi perancangan arsitektur masa kini yang mempertimbangkan regionalisme dari aspek klimatik.

 Metadata

No. Panggil : 728 JUPKIM 12:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Bandung: Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 19074352
Majalah/Jurnal : JURPEM
Volume : Vol. 12, No. 2 November 2017: Hal. 80-93
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
728 JUPKIM 12:2 (2017) 03-19-436622842 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495543