Meningkatkan kualitas kinerja individu: apakah kinerja individu dipengaruhi oleh ekspektasi dari pengawas? = Improving the quality of individual performance: is individual performance affected by supervisors expectation?
Utari Dwi Zaharani;
Siregar, Ermanda Saskia, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019)
|
ABSTRAK Penelitian ini melihat efek dari ekspektasi audiens terhadap kinerja individu saat mereka diawasi oleh audiens.Individu yang menerima ekspektasi rendah dari audiens diperkirakan menunjukkan performa yang lebih baikdari individu yang menerima ekspektasi tinggi dari audiens maupun dari individu yang melakukan tugas tanpakehadiran audiens. Selain itu, penelitian ini juga memprediksi bahwa partisipan yang melakukan tugas padakondisi sendirian akan menunjukan kinerja yang lebih baik dibandingkan partisipan yang diawasi oleh audiensdengan ekspektasi tinggi. Untuk menguji hipotesa ini, 30 partisipan mengikuti eksperimen di mana merekadiminta mengerjakan dua sesi tes anagram Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, kehadiran audiens digantikandengan keberadaan kamera video. Hasil penelitian ini mendukung sebagian dari hipotesis. Individu dalamkondisi ekspektasi audiens yang rendah menunjukkan kinerja lebih baik daripada individu dalam kondisi sendiri.Namun, tidak ada perbedaan kinerja yang berarti antara partisipan dalam kondisi ekspektasi rendah danekspektasi tinggi, maupun antara partisipan dalam kondisi sendiri dan ekspektasi tinggi. Temuan penelitian inimenunjukkan bahwa kehadiran audiens dapat mendorong seseorang untuk berkinerja lebih baik, dan adanyatambahan ekspektasi yang rendah dari audiens dapat mendorong orang tersebut untuk melakukan tugas denganlebih unggul lagi. ABSTRACT The present study addresses the effect of audience expectation on individual performance while being observedby an aware audience. It was proposed that individuals in low expectation condition will perform better thanthose in high expectation and alone conditions. In addition, the current study hypothesised that participants inalone condition would perform better than those in high expectation condition. To test the hypothesis, 30participants participated in an experiment where they were asked to work on two rounds of anagram test. Thepresence of an audience holding high and low expectation was replaced by the presence of a video camera. Theresult partially supported the hypothesis. Individuals in the low expectation condition performed better thanthose in alone condition. However, there was no significant difference between the low expectation and highexpectation conditions, and no difference between the alone and high expectation conditions. These findingsindicate that the presence of audience may push a person to perform better, and that an additional lowexpectation from the audience may push them further to excellence. |
![]()
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019 |
Program Studi : |
Bahasa : | ing |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | 20 pages : ilustration |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | 16-21-445176568 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20495958 |