:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, tekanan anggaran dan komitmen organisasi terhadap senjangan anggaran di Pemerintah Kabupaten Banyumas

Ody Tegar Permana, Eliada Herwiyanti, I Wayan Mustika (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, asimetri informasi, tekanan anggaran, dan komitmen organisasi terhadap senjangan anggaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Banyumas. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode sensus. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah senjangan anggaran, sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipasi anggaran, asimetri informasi, tekanan anggaran, dan komitmen organisasi. Data yang telah dikumpulkan melalui isian kuesioner, selanjutnya diolah dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa partisipasi anggaran, asimetri informasi, dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap senjangan anggaran sedangkan tekanan anggaran tidak berpengaruh. Hasil penelitian ini semakin melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya di bidang akuntansi manajemen khususnya di lingkup penganggaran.

 Metadata

No. Panggil : 330 JOMUT 13:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Tangerang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20859686
Majalah/Jurnal : Jurnal Organisasi dan Manajemen
Volume : Vol. 13, No. 2, September 2017: Hal. 142-153
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdacerrier)
Akses Elektronik : http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JOM/article/view/575
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
330 JOMUT 13:2 (2017) 03-19-022200685 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20496119