:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Kajian tektonik dan sedimentasi di cekungan Sumatera Utara dan implikasinya untuk potensi gas serpih

Ricky Andrian Tampubolon, Shidqi Anugrah Diria, Humbang Purba, Junita Trivianty (Bidang Afiliasi dan Informasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "LEMIGAS", 2017)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini memberikan perspektif baru mengenai mekanisme pembentukan Cekungan Sumatera Utara, karena penelitian sebelumnya masih melihat Sesar Malaka sebagai sesar yang berperan dalam pembentukannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah peta gaya berat, peta konfi gurasi batuan dasar, data seismik dan data sumuran. Cekungan Sumatera Utara dapat dibagi menjadi dua (2) sub-cekungan yaitu: Sub-Cekungan Bagian Utara dan Sub-Cekungan Bagian Selatan. Sub-Cekungan Bagian Utara, dalam, diendapkan batuan sedimen serpih Paleogentebal, mengalami percepatan gravitasi rendah serta nilai alir bahang kecil seperti di Rendahan Arun. Sebaliknya, di Sub-Cekungan Bagian Selatan, dangkal, batuan serpih Paleogen relatif tipis tetapi mengalami percepatan gravitasi tinggi serta nilai alir bahangnya tinggi, sehingga berpotensi sebagai batuan induk gas serpih. Sub-Cekungan Bagian Selatan (Dalaman Tamiang) mengalami tektonik intensif. Penelitian mengenai proses sedimentasi, tektonik, dan analisis geokimia dapat menentukan konsep eksplorasi potensi gas serpih di Cekungan Sumatera Utara.

 Metadata

No. Panggil : 665 LPL 51:2 (2017)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Bidang Afiliasi dan Informasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi "LEMIGAS", 2017
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 20893396
Majalah/Jurnal : Lembaran Publikasi Minyak dan Gas Bumi
Volume : Vol. 51 No. 2, Agustus 2017: Hal. 107-113
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated (rda media)
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik : http://www.journal.lemigas.esdm.go.id/ojs/index.php/LPMGB/article/view/22
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lt 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
665 LPL 51:2 (2017) 03-19-963587580 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20496158